Nama Sekolah : SMA Negeri 16 Surabaya
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Mendengarkan
9. Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
9.1 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan secara langsung
|
Informasi secara langsung
· pokok-pokok isi informasi
· cara mengajukan saran
· ringkasan isi informasi
|
● Mendengarkan informasi secara langsung
· Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara
· Menulis ringkasan isi informasi
|
1. Kognitif
Produk:
● Menyimak pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung.
● Mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung.
● Mempresentasikan pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung.
● Menanggapi presentasi kelompok lain
● Memberikan saran, kritik, terhadap hasil presentasi teman secara lisan
● Menuliskan hasil ringkasan informasi yang disimak
● Menganalis hasil pekerjaan teman
● Memberikan kritik dan saran terhadap hasil ringkasan informasi teman
● Memberikan penilaian terhadap hasil pekerjaan teman sesuai dengan kriteria penilaian yang ditetapkan
Proses:
● Melaksanakan kegiatan :
1. Menyimak
2. Mencatat
3. Memresentasikan
4. Menuliskan
5. Menganalisis
6. Mengkritik
7. Menilai
8. Menyimpulkan
2. Psikomotor:
a. Menyimak informasi secara langsung
b. Mempresentasikan hasil simakannya
c. Menuliskan ringkasan informasi yang disimak
3. Afektif:
a. Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun
b. Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain
|
Jenis Tagihan:
· tugas individu
· kelompok
· ulangan
Bentuk Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· jawaban singkat
|
4
|
CD Rekaman Audio Visual, LCD, Proyektor, Komputer, Buku Tugas Siswa
|
9.2 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui radio/televisi
|
Rekaman informasi
· pokok-pokok isi informasi
· cara mengajukan saran
· ringkasan isi informasi
|
· Mendengarkan informasi melalui radio/ televisi
· Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan
· Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan melalui radio/ televisi/ rekaman informasi
|
Produk:
● Menyimak pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung.
● Mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung.
● Mempresentasikan pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung.
● Menanggapi presentasi kelompok lain
● Memberikan saran, kritik, terhadap hasil presentasi teman secara lisan
● Menuliskan hasil ringkasan informasi yang disimak
● Menganalis hasil pekerjaan teman
● Memberikan kritik dan saran terhadap hasil ringkasan informasi teman
● Memberikan penilaian terhadap hasil pekerjaan teman sesuai dengan kriteria penilaian yang ditetapkan
Proses:
● Melaksanakan kegiatan :
2. Menyimak
3. Mencatat
4. Mempresentasikan
5. Menuliskan
6. Menganalisis
7. Mengkritik
8. Menilai
9. Menyimpulkan
2. Psikomotor:
a. Menyimak informasi secara langsung
b. Memresentasikan hasil simakannya
c. Menuliskan ringkasan informasi yang disimak
3. Afektif:
a. Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun
b. Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain
|
Jenis Tagihan:
· tugas individu
· tugas kelompok
· ulangan
Bentuk Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· jawaban singkat
|
4
|
· CD Rekaman Audio Visual, LCD, Proyektor, Komputer, Buku Tugas Siswa
|
SILABUS
Nama Sekolah : SMA Negeri 16 Surabaya
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Berbicara
10. Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan pidato tanpa teks
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
10.1Mempresentasikan program kegiatan/proposal
|
Program kegiatan/ proposal
· berpresentasi
· diskusi dengan
santun berdiskusi
|
· Menyusun program kegiatan/ proposal
· Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
· Mendiskusikan program kegiatan yang disampaikan
· Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan
|
1. Kognitif
Produk:
● Menelaah contoh proposal secara berkelompok
● Mendiskripsikan bagian-bagian proposal
● Mendiskusikan program kegiatan yang ada dalam proposal
● Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki
● Mempresentasikan hasil kerja kelompok
● Menanggapi presentasi kelompok lain
● Memberikan saran, kritik, terhadap hasil presentasi kelompok lain secara lisan
● Menentukan jenis kegiatan dengan cara diskusi kelompok
● Menulis program kegiatan/proposal secara rinci
● Mempresentasikan hasil kerja kelompok
● Memberikan kritik dan saran hasil presentasi teman
● Memberikan penilaian terhadap hasil pekerjaan teman sesuai dengan kriteria penilaian yang ditetapkan
Proses:
● Melaksanakan kegiatan :
1. Menelaah
2. Mendiskripsikan
3. Mendiskusikan
4. Mencatat
5. Mempresentasikan
6. Menanggapi
7. Memberikan saran
8. Menentukan
9. Menyusun
2. Psikomotor:
a. Menelaah contoh proposal
b. Mempresentasikan hasil kerja kelompok
c. Menulis proposal kegiatan
3. Afektif:
a. Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun
b. Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain
|
Jenis Tagihan:
· tugas kelompok
· tugas individu
· Bentuk instrumen Unjuk kerja
format pengamatan
|
4
|
Contoh proposal, computer, LCD
|
10.2 . Berpidato tanpa teks dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
|
Ide pidato dengan tema tertentu
· cara berpidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
|
· Menulis teks pidato dengan tema tertentu
· Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat *
· Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
· Memperbaiki cara berpidato dan
isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman
|
1. Kognitif
Produk:
● Menyimak contoh rekaman pidato.
● Mendiskripsikan kekaurangan dan kelibahan orator
● Mendiskusikan kekurangan dan kelebihan orator secara kalsikal
● Menentukan topic pidato
● Mencatat pokok-pokok isi pidato
● Mempraktikkan pidato tanpa naskah.
● Memberikan saran, kritik, terhadap hasil penampilan teman secara lisan dengan menggunakan bahasa yang santun
● Memberikan penilaian terhadap hasil penampilan teman sesuai dengan kriteria penilaian yang ditetapkan
Proses:
● Melaksanakan kegiatan :
1. Menyimak
2. Mendiskripsikan
3. Mendiskusikan
4. Mencatat
5. Mempraktikkan
6. Memberikan saran
7. Menilai
2. Psikomotor:
a. Menyimak contoh pidato
b. Memresentasikan hasil kerja mandiri
c. Menulis pidato berdasarkan tema yang ditentukan
d. Mempraktikkan pidato berdasarkan teknik pidato
3. Afektif:
a. Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun
b. Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain
|
Jenis Tagihan:
· tugas individu
Bentuk instrumen:
· unjuk kerja
· format pengamatan
|
4
|
buku yang terkait dengan pidato, contoh pidato, LCD, komputer
|
SILABUS
Nama Sekolah : SMA Negeri 16 Surabaya
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis melalui kegiatan membaca cepat dan membaca intensif
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
11.1 Menemukan ide pokok suatu teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit
|
Teks 900 – 1050 kata)
· teknik membaca cepat
· rumus membaca cepat
|
· Membaca teks
· Menemukan ide pokok
· Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia
|
1. 1. Kognitif
Produk:
● Membaca wacana dengan teknik membaca cepat.
● Mencatat ide pokok wacana
● Menuliskan ringkasan wacana
● Mempresentasikan ringkasan wacana
● Menanggapi presentasi kelompok lain
● Memberikan saran, kritik, terhadap hasil presentasi teman secara lisan
● Menjawab pertanyaan bacaan dengan benar.
● Menganalis hasil pekerjaan teman
● Memberikan kritik dan saran terhadap hasil pekerjaan teman
● Memberikan penilaian terhadap hasil pekerjaan teman sesuai dengan kriteria penilaian yang ditetapkan
● Menjawab pertanyaan bacaan
Proses:
● Melaksanakan kegiatan :
1. Membaca
2. Mencatat
3. Menuliskan
4. Mempresentasikan
5. Menanggapi
6. Menanggapi
7. Memberikan saran
8. Menilai
2. Psikomotor:
a. Menelaah contoh pidato
b. Mempresentasikan hasil kerja mandiri
c. Menulis pidato berdasarkan tema yang ditentukan
d. Memraktikkan pidato berdasarkan teknik pidato
3. Afektif:
a. Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun
b. Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain
|
Jenis Tagihan:
· tugas individu
· tugas kelompok
· ulangan
Bentuk instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· jawaban singkat
|
4
|
· artikel/ berita dari media cetak/ elektronik
|
11.2 Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok) dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif
|
· Teks yang berpola induktif dan deduktif
· Ciri-ciri paragraf induktif
dan deduktif
● Kalimat simpulan
|
· Menentukan kalimat simpulan isi teks berdasarkan hal-hal (generalisasi, analogi, sebab-akibat) yang disajikan dalam tulisan/ artikel
|
1. Kognitif
Produk:
● Membaca wacana dengan teknik membaca intensif
● Mengidentifikasi ide pokok wacana
● Mengidentifikasi gagasan pendukung
● Mendeskripsikan jenis paragraph berdasarkan letak kalimat utama
● Mengidentifikasi cirri-ciri paragraph yang berpola induktif
|
Jenis Tagihan:
· tugas individu
· tugas kelompok
· ulangan
Bentuk instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
jawaban singkat
|
4
|
Kartu paragraph, power poin, LCD, Komputer
|
| | |
● Mengidentifikasi cirri-ciri paragraph yang berpola deduktif
● Mengklasifikasikan beberapa paragraph yang letak kalimat utamanya sama
● Mempresentasikan hasil kerja kelompok
● Menanggapi presentasi kelompok lain
● Memberikan saran, kritik, terhadap hasil presentasi teman secara lisan
● Mengidentifikasi cirri-ciri penalaran induktif
● Mengklasifikasikan kesimpulan isi wacana secara generalisasi
● Mengklasifikasikan kesimpulan isi wacana secara analogi
● Mengidentifikasi cirri-ciri penalaran deduktif
● Mengklasifikasikan kesimpulan isi wacana secara silogisme
● Mengklasifikasikan kesimpulan isi wacana secara entimen
Proses:
● Melaksanakan kegiatan :
1. Membaca
2. Mencatat
3. Meneliti
4. Mempresentasikan
5. Menanggapi
6. Memberikan saran
7. Menilai
2. 2. Psikomotor:
a. Menelaah wacana
b. Menentukan ide pokok paragraf
c. Menentukan gagasan pendukung paragraf
d. Menentukan jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utama ( ide pokok paragraf)
e. Mempresentasikan hasil kerja kelompok
f. Mengidentifikasi penalaran deduktif dalam wacana
g. Mengidentifikasi penalaran induktif dalam wacana
3. Afektif:
a. Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun
b. Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain
| | | |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA Negeri 16 Surabaya
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Menulis
12. Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
12.1 Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif
|
Karangan deduktif dan induktif
|
· Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka (di luar kelas)
Menyunting karangan berpola deduktif dan induktif
|
1. Kognitif
Produk:
· Mengamati media gambar yang disediakan
· Mencatat ide pokok gambar
· Mencatat gagasan pendukung
gambar
· Memperhatikan cirri-ciri paragraph deduktif dan induktif
· Menuliskan karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan catatan ide pokok dan gagasan pengembang
· Mempresentasikan hasil kerja kelompok
· Menanggapi presentasi kelompok lain
· Memberikan saran, kritik, terhadap hasil presentasi teman secara lisan
· Menyunting karangan berpola deduktif dan induktif
· Memberikan kritik dan saran terhadap hasil pekerjaan teman
· Memberikan penilaian terhadap hasil pekerjaan teman sesuai dengan kriteria penilaian yang ditetapkan
|
Jenis Tagihan:
· tugas kelompok
· tugas individu
Bentuk Instrumen:
· Unjuk kerja
format pengamatan
|
4
|
LCD, Komputer, Power poin
|
| | |
Proses:
● Melaksanakan kegiatan :
1. Memperhatikan gambar
2. Mencatat
3. Menulis paragraph deduktif dan induktif
4. Mempresentasikan
5. Menanggapi
6. Memberikan saran
7. Menilai
3. 2. Psikomotor:
a. Memperhatikan gambar
b. Menentukan ide pokok gambar
c. Menentukan gagasan pendukung gambar
d. Menuliskan karangan berpola deduktif dan induktif
e. Mempresentasikan hasil kerja kelompok
3. Afektif:
a. Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun
b. Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain
| | | |
12.2 Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
|
esai
|
· Membaca contoh esai
· Mengidentifikasi ciri-ciri esai
· Menulis esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
· Memperbaiki essai (dengan mempertimbang kan diksi,
· kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca
|
1. Kognitif
Produk:
● Membaca contoh karangan esai
● Mengidentifikasi ciri-ciri karangan esai
● Menulis karangan esai
● Mempresentasikan hasil kerja kelompok
● Menanggapi presentasi kelompok lain
● Memberikan saran, kritik, terhadap hasil presentasi teman secara lisan
● Menyunting karangan esai
● Memperbaiki karangan esai
● Memberikan penilaian terhadap hasil pekerjaan teman sesuai dengan kriteria penilaian yang ditetapkan
Proses:
● Melaksanakan kegiatan :
1. Membaca
2. Mengidentifikasi
3. Menulis karangan esai
4. Mempresentasikan
5. Menanggapi
6. Memberikan saran
7. Menilai
4. 2. Psikomotor:
a. Membaca contoh karangan esai
b. Mengidentifikasi ciri-ciri karangan esai
c. Menulis karangan esai
d. Mempresentasikan hasil kerja kelompok
e. Menanggapi presentasi tema
3. Afektif:
a. Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun
b. Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain
|
Jenis Tagihan:
· tugas kelompok
· tugas individu
Bentuk Instrumen:
· Unjuk kerja
format pengamatan
|
6
|
· contoh esai dari media cetak/ elektronik
· buku Eyd
|
SILABUS
Nama Sekolah : SMA Negeri 16 Surabaya
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Mendengarkan
13. Memahami pembacaan teks drama
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
13.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan
|
Teks drama
· unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, latar, alur, amanat)
|
· Mendengarkan pembacaan teks drama
· Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan
· Mendiskusikan unsur intrinsik teks drama yang didengar
· Melaporkan hail diskusi
|
1. Kognitif
Produk:
● Menyimak rekaman drama
● Mengidentifikasi cunsur-unsur intrinsic drama yang disimaknya
● Mencatat unsure intrinsic drama yang disimak
●Mendiskusikan hasil kerja mandiri dengan kelompok kecilnya
● Mempresentasikan hasil kerja kelompok
● Menanggapi presentasi kelompok lain
● Memberikan saran, kritik, terhadap hasil presentasi teman secara lisan
● Memberikan penilaian terhadap hasil pekerjaan teman sesuai dengan kriteria penilaian yang ditetapkan
Proses:
● Melaksanakan kegiatan :
1. Menyimak drama
2. Mengidentifikasi
3. Mencatat
4. Mendiskusikan
5. Mempresentasikan
6. Menanggapi
7. Memberikan saran
8. Menilai
5. 2. Psikomotor:
a. Menyimak rekaman drama
b. Mengidentifikasi unsur-unsur intrinsic drama
c. Mencatat unsure intrinsic
d. Mendiskusikan hasil kerja mandiri dengan kelompok kecilnya
e. Mempresentasikan hasil kerja kelompok
3. Afektif:
a. Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun
b. Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain
|
Jenis Tagihan:
· tugas kelompok
· tugas individu
· ulangan
Bentuk Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· jawaban singkat
|
6
|
Power Poin, LCD, Komputer, CD Rekaman Drama
|
13.2 Menyimpulkan isi drama melalui pembacaan teks drama
|
Teks drama
· simpulan isi drama
|
· Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks
· Mendiskusikan simpulan isi teks drama
|
1. Kognitif
Produk:
● Menyimak rekaman drama
● Mencatat peristiwa penting drama yang disimak
● Mencatat simpulan drama sesuai dengan situasi dan konteks
●Mendiskusikan hasil kerja mandiri dengan kelompok kecilnya
● Mempresentasikan hasil kerja kelompok
● Menanggapi presentasi kelompok lain
● Mendiskusikan simpulan teks drama secara klasikal
Proses:
● Melaksanakan kegiatan :
1. Mencatat
2. Mendiskusikan
3. Mempresentasikan
4. Menanggapi
6. 2. Psikomotor:
a. Menyimak rekaman drama
b. Mencatat simpulan drama
c. Mendiskusikan simpulan drama
3. Afektif:
a. Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun
b. Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi
pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain
|
Jenis Tagihan:
· tugas kelompok
· ulangan
Bentuk Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
jawaan singkat
|
6
|
CD rekaman drama, LCD, komputer
|
SILABUS
Nama Sekolah : SMA Negeri 16 Surabaya
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Berbicara
14. Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
14.1 Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam
|
Teks gurindam
· ciri-ciri gurindam
nilai-nilai (budaya, agama, estetika, moral)
|
● Mengidentifikasi ciri-ciri gurindam
● Membacakan gurindam
● Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai dalam gurindam yang didengar
● Membicarakan pesan-pesan yang terdapat
dalam gurindam yang didengar
|
1. Kognitif
Produk:
● Menyimak contoh gurindam
● Mencatat hal-hal yang terdapat dalam gurindam
● Mengidentifikasi ciri-ciri gurindam
● Mengidentifikasi nilai-nilai gurindam
● Mengidentifikasi pesan yang terkandung dalam gurindam
●Mendiskusikan hasil kerja mandiri dengan kelompok kecilnya
● Mempresentasikan hasil kerja kelompok
● Menanggapi presentasi kelompok lain
● Mengaitkan nilai-nilai gurindam dengan nilai kehidupan saat ini
● Membacakan gurindam
Proses:
● Melaksanakan kegiatan :
1. Mencatat
2. Mendiskusikan
3. Mempresentasikan
4. Menanggapi
7. 2. Psikomotor:
a. Menyimak rekaman drama
b. Mencatat simpulan drama
c. Mendiskusikan simpulan drama
3. Afektif:
a. Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun
b. Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi
pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain
|
Jenis Tagihan:
· tugas kelompok
· tugas individu
Bentuk Instrumen:
· Unjuk kerja
format pengamatan
|
4
|
buku yang terkait dengan puisi lama
|
14.2 Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari
|
● Teks gurindam
pengaitan isi gurindam dengan kehidupan sehari-hari
|
· Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini
· Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
|
1. Kognitif
Produk:
● Menyimak contoh gurindam
● Mencatat hal-hal yang terdapat dalam gurindam
● Mengidentifikasi pesan yang terkandung dalam gurindam
● Mengidentifikasi keterkaitan isi yang terkandung dalam gurindam dengan kehidupan masa kini
● Menyimpulakan pesan yang terkandung dalam gurindam
●Mendiskusikan hasil kerja mandiri dengan kelompok kecilnya
● Mempresentasikan hasil kerja kelompok
● Menanggapi presentasi kelompok lain
● Menyimpulakan hasil diskusi
Proses:
● Melaksanakan kegiatan :
1. Menyimak
2. Mencatat
3. Mengidentifikasi
4. Menyimpulkan
5. Mendiskusikan
6. Mempresentasikan
7. Menanggapi
8. Menyimpulkan
8. 2. Psikomotor:
a. Menyimak contoh gurindam
b. Mengidentifikasi nilai-nilai gurindam
c. Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini
d. Mendiskusikan keterkaitan isi gurindam dengan kehidupan masa kini
3. Afektif:
a. Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun
b. Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi
pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain
|
Jenis Tagihan:
· tugas kelompok
· tugas individu
Bentuk Instrumen:
· Unjuk kerja
format pengamatan
|
4
|
LCD, computer, CD pembacaan gurindam
|
SILABUS
Nama Sekolah : S SMA Negeri 16 Surabaya
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Membaca
15. Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
15.1Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer
|
Kumpulan puisi kontemporer
· ciri-ciri puisi kontemporer
· tema puisi kontemporer
· bentuk puisi kontemporer
· diksi
|
· Membaca kumpulan puisi kontemporer (Misalnya : Malu Aku Jadi Orang Indonesia karya Taufik Ismail)
· Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer
· Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer
· Mendiskusikan tema dan ciri-ciri puisi
|
1. Kognitif
Produk:
● Menyimak contoh pembacaan puisi kontemporer
● Mencatat hal-hal yang terdapat dalam puisi kontemperor
● Mengidentifikasi tema puisi kontemporer
● Mengidentifikasi ciri-ciri puisi kontemporer
● Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer
●Mendiskusikan hasil kerja mandiri dengan kelompok kecilnya
● Mempresentasikan hasil kerja kelompok
● Menanggapi presentasi kelompok
● Menyimpulkan hasil diskusi kelas
● Membaca contoh puisi kontemporer
● Menyimak teman membaca puisi kontemporer
● Memberikan kritik dan saran terhadap pembacaan puisi kontemporer oleh teman
● Menilai pembacaan puisi kontemporer teman, sesuai dengan standar penilaian yang ditetapkan
Proses:
● Melaksanakan kegiatan :
1. Menyimak
2. Mencatat
3. Mengidentifikasi
4. Menjelaskan
5. Mendiskusikan
6. Mempresentasikan
7. Menanggapi
8. Menilai
9. 2. Psikomotor:
a. Menyimak
b. Mengidentifikasi cirri-ciri puisi kontemporer
c. Menjelaskan isi puisi kontemporer
d. Membaca puisi kontemporer
3. Afektif:
a. Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun
b. Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi
pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain
|
Jenis Tagihan:
· tugas individu
· tugas kelompok
· ulangan
Bentuk Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· jawaban singkat
|
4
|
· buku yang terkait dengan puisi kontem-porer
|
15.2 Menemukan perbedaan karakteristik angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode
|
Karya sastra berdasarkan periodisasi
· karakteristik karya sastra setiap angkatan/ periode
· perbedaan karakteristik karya sastra setiap angkatan/ periode
|
· Membaca karya sastra dari tiap periode
· Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode
· Menemukan perbedaan karakteristik tiap periode
· Mendiskusikan karya-karya pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll)
|
1. Kognitif
Produk:
● Menyimak contoh karya sastra dari tiap periode
● Mencatat hal-hal yang terdapat dari contoh karya sastra dari tiap periode
● Mengidentifikasi cirri karya sastra tiap periode
● Mengidentifikasi perbedaan karya sastra pada setiap periode
●Mendiskusikan hasil kerja mandiri dengan kelompok kecilnya
● Mempresentasikan hasil kerja kelompok
● Menanggapi presentasi kelompok
● Menyimpulkan hasil diskusi kelas
Proses:
● Melaksanakan kegiatan :
1. Menyimak
2. Mencatat
3. Mengidentifikasi
4. Menjelaskan
5. Mendiskusikan
6. Mempresentasikan
7. Menanggapi
8. Menilai
|
Jenis Tagihan:
· tugas Individu
· tugas kelompok
· ulangan
Bentuk Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· jawaban singkat
|
4
|
· buku yang terkait dengan materi
· karya sastra setiap periode
|
| | |
10. 2. Psikomotor:
a. Menyimak
b. Mengidentifikasi cirri-ciri karya sastra tiap periode
c. Menjelaskan perbedaan karya sastra pada tiap periode
3. Afektif:
a. Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli
b. Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi
pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain
| | | |
| | | | | |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA Negeri 16 Surabaya
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Standar Kompetensi : Menulis
16. M.engungkapkan pendapat dalam bentuk kritik dan esai
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
16.1 Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
|
Kritik dan esai
· ciri-ciri kritik dan esai
· prinsip penulisan kritik dan esai
|
· Membaca kritik dan esai
· Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra
· Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra
|
1. Kognitif
Produk:
● Membaca contoh karangan kritik dan esai
● Mencatat cirri-ciri kritik
● Mengidentifikasi karangan kritik dan esai
● Menjelaskan cirri karangan kritik dan esai
●Mendiskusikan hasil kerja mandiri dengan kelompok kecilnya
● Mempresentasikan hasil kerja kelompok
● Menanggapi presentasi kelompok
● Menyimpulkan hasil diskusi kelas
Proses:
● Melaksanakan kegiatan :
1. Menyimak
2. Mencatat
3. Mengidentifikasi
4. Menjelaskan
5. Mendiskusikan
6. Mempresentasikan
7. Menanggapi
8. Menilai
11. 2. Psikomotor:
a. Membaca
b. Mengidentifikasi cirri-ciri karangan kritik dan asai
c. Menjelaskan perbedaan karangan kritik dan esai
d. Menyimpulkan
3. Afektif:
a. Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli
b. Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain
|
Jenis Tagihan:
· tugas Individu
· tugas kelompok
· ulangan
Bentuk Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· jawaban singkat
|
4
|
· buku yang terkait dengan kritik sastra
· buku yang terkait dengan kritik dan esai
|
16.2 Menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai untuk mengomentari karya sastra
|
Pengembangan gagasan atau pendapat untuk menulis kritik dan esai
· cara menulis kritik dan esai
|
· Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
· Menyunting tulisan kritik dan esai sastra
|
1. Kognitif
Produk:
● Memperhatikan cirri karangan kritik dan esai
● Menulis karangan kritik dan esai sesuai dengan topic yang disepakati
● Mempresentasikan tugas mandiri
● Menanggapi presentasi teman
● Memberikan saran, kritik, terhadap hasil presentasi teman secara lisan
● Memberikan penilaian terhadap hasil pekerjaan teman sesuai dengan kriteria penilaian yang ditetapkan
Proses:
● Melaksanakan kegiatan :
1. Memperhatikan contoh
2. Mengidentifikasi
3. Menulis
4.Mempresentasikan
5. Menanggapi
6. Memberikan saran
7. Menilai
12. 2. Psikomotor:
a. Memperhatikan contoh karangan esai dan kritik
b. Menulis karangan esai dan kritik
c. Mempresentasikan hasil kerja kelompok
d. Menanggapi presentasi teman
e. Menilai hasil kerja teman
3. Afektif:
a. Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun
b. Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain
|
Jenis Tagihan:
· tugas individu
· tugas kelompok
· ulangan
Bentuk Instrumen:
· uraian bebas
· pilihan ganda
· jawaban singkat
|
6
|
· buku yang terkait dengan kritik dan esai
· buku EyD
|
Mengetahui, Surabaya, 3 Januari 2011
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
Hj. Sri Widiati, S.Pd, M.M Sri Kusrini, S.Pd
Nip. 19621109 198512 2 005 Nip. 19570212 198111 2 002
0 comments:
Posting Komentar