KEKASIH TERHEBAT

https://www.youtube.com/watch?v=CuCzxDukoU4

Selasa, 14 Maret 2017

Silabus Bahasa Indonesia


                                                                            
SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA Negeri 16 Surabaya
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  2
Standar Kompetensi           : Mendengarkan
                                            9. Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
9.1      Mengajukan saran perbaikan tentang  informasi yang disampaikan secara langsung   


Informasi secara langsung
·       pokok-pokok isi informasi
·       cara mengajukan saran
·       ringkasan isi informasi



Mendengarkan informasi secara langsung
·   Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara
·   Menulis ringkasan isi informasi



1.                              Kognitif
Produk:
Menyimak pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung.
Mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung.
Mempresentasikan pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung.
Menanggapi presentasi kelompok lain
Memberikan saran, kritik, terhadap hasil presentasi teman secara lisan
Menuliskan hasil ringkasan informasi yang disimak
Menganalis hasil pekerjaan teman
Memberikan kritik dan saran terhadap hasil ringkasan informasi teman
Memberikan penilaian terhadap hasil pekerjaan teman sesuai dengan kriteria penilaian yang ditetapkan

Proses:
Melaksanakan kegiatan :
1.    Menyimak
2.    Mencatat
3.    Memresentasikan
4.    Menuliskan
5.    Menganalisis
6.    Mengkritik
7.    Menilai
8.    Menyimpulkan

2. Psikomotor:
a.    Menyimak informasi secara langsung
b.    Mempresentasikan hasil simakannya
c.     Menuliskan ringkasan informasi yang disimak

3. Afektif:
a.    Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun
b.    Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain


Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   kelompok
·   ulangan
Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·    pilihan ganda
·    jawaban singkat


4
CD Rekaman Audio Visual, LCD, Proyektor, Komputer, Buku Tugas Siswa
9.2          Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui radio/televisi  
Rekaman informasi
·       pokok-pokok isi informasi
·       cara mengajukan saran
·       ringkasan isi informasi


·      Mendengarkan informasi melalui radio/ televisi
·       Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan
·       Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan  melalui radio/ televisi/ rekaman informasi
Produk:
Menyimak pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung.
Mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung.
Mempresentasikan pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung.
Menanggapi presentasi kelompok lain
Memberikan saran, kritik, terhadap hasil presentasi teman secara lisan
Menuliskan hasil ringkasan informasi yang disimak
Menganalis hasil pekerjaan teman
Memberikan kritik dan saran terhadap hasil ringkasan informasi teman
Memberikan penilaian terhadap hasil pekerjaan teman sesuai dengan kriteria penilaian yang ditetapkan

Proses:
Melaksanakan kegiatan :
2.    Menyimak
3.    Mencatat
4.    Mempresentasikan
5.    Menuliskan
6.    Menganalisis
7.    Mengkritik
8.    Menilai
9.    Menyimpulkan

2. Psikomotor:
a.    Menyimak informasi secara langsung
b.    Memresentasikan hasil simakannya
c.     Menuliskan ringkasan informasi yang disimak

3. Afektif:
a.    Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun
b.    Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain


Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·    ulangan

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   jawaban singkat


4
·     CD Rekaman Audio Visual, LCD, Proyektor, Komputer, Buku Tugas Siswa












SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA Negeri 16 Surabaya
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  2                                                                                                                                                                                      
Standar Kompetensi           : Berbicara
10.    Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan  pidato tanpa teks

Kompetensi
Dasar
Materi
 Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
10.1Mempresentasikan program kegiatan/proposal 


Program kegiatan/ proposal
·      berpresentasi
·      diskusi dengan
     santun berdiskusi


·       Menyusun program kegiatan/ proposal
·      Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
·      Mendiskusikan program kegiatan yang disampaikan
·      Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan


1.    Kognitif
Produk:
Menelaah contoh proposal secara berkelompok
Mendiskripsikan bagian-bagian proposal
Mendiskusikan program kegiatan yang ada dalam proposal
Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki
Mempresentasikan hasil kerja kelompok
Menanggapi presentasi kelompok lain
Memberikan saran, kritik, terhadap hasil presentasi kelompok lain  secara lisan
Menentukan jenis kegiatan dengan cara diskusi kelompok
Menulis program kegiatan/proposal secara rinci
Mempresentasikan hasil kerja kelompok
Memberikan kritik dan saran  hasil presentasi  teman
Memberikan penilaian terhadap hasil pekerjaan teman sesuai dengan kriteria penilaian yang ditetapkan

Proses:
Melaksanakan kegiatan :
1. Menelaah
2. Mendiskripsikan
3. Mendiskusikan
4. Mencatat
5. Mempresentasikan
6. Menanggapi
7. Memberikan saran
8. Menentukan
9. Menyusun

2. Psikomotor:
a.    Menelaah contoh proposal
b.    Mempresentasikan hasil kerja kelompok
c.     Menulis proposal kegiatan

3. Afektif:
a.    Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun
b.    Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain


Jenis Tagihan:
·  tugas kelompok
·   tugas individu

·   Bentuk instrumen Unjuk kerja
format pengamatan
4
Contoh proposal, computer, LCD
10.2           . Berpidato tanpa teks dengan lafal,  intonasi, nada, dan sikap yang tepat
Ide pidato dengan tema tertentu
·      cara berpidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat


·      Menulis teks pidato dengan tema tertentu
·      Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat *
·      Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
·      Memperbaiki cara berpidato dan
isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman


1.    Kognitif
Produk:
Menyimak contoh rekaman pidato.
Mendiskripsikan kekaurangan dan kelibahan orator
Mendiskusikan kekurangan dan kelebihan orator secara kalsikal
Menentukan topic pidato
Mencatat pokok-pokok isi pidato
Mempraktikkan pidato tanpa naskah.
Memberikan saran, kritik, terhadap hasil penampilan teman secara lisan dengan menggunakan bahasa yang santun
Memberikan penilaian terhadap hasil penampilan teman sesuai dengan kriteria penilaian yang ditetapkan

Proses:
Melaksanakan kegiatan :
1. Menyimak
2. Mendiskripsikan
3. Mendiskusikan
4. Mencatat
5. Mempraktikkan
6. Memberikan saran
7. Menilai

2. Psikomotor:
a.    Menyimak contoh pidato
b.    Memresentasikan hasil kerja mandiri
c.    Menulis pidato berdasarkan tema yang ditentukan
d.    Mempraktikkan pidato berdasarkan teknik pidato
3. Afektif:
a.    Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun
b.    Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain


Jenis Tagihan:
·   tugas individu

Bentuk instrumen:
· unjuk kerja
· format pengamatan
4
buku yang terkait dengan pidato, contoh pidato, LCD, komputer







SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA Negeri 16 Surabaya
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  2
Standar Kompetensi           : Membaca
11.    Memahami ragam wacana tulis  melalui kegiatan membaca cepat dan membaca  intensif

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
11.1  Menemukan ide pokok suatu teks dengan  membaca cepat 300-350 kata per menit
Teks 900 – 1050 kata)
·    teknik membaca cepat
·    rumus membaca cepat
·      Membaca teks
·      Menemukan ide pokok
·      Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia 


1.                                                                               1. Kognitif
Produk:
Membaca wacana dengan teknik membaca cepat.
Mencatat ide pokok wacana
Menuliskan ringkasan wacana
Mempresentasikan ringkasan wacana
Menanggapi presentasi kelompok lain
Memberikan saran, kritik, terhadap hasil presentasi teman secara lisan
Menjawab pertanyaan bacaan dengan benar.
Menganalis hasil pekerjaan teman
Memberikan kritik dan saran terhadap hasil pekerjaan teman
Memberikan penilaian terhadap hasil pekerjaan teman sesuai dengan kriteria penilaian yang ditetapkan
● Menjawab pertanyaan bacaan

Proses:
Melaksanakan kegiatan :
1. Membaca
2. Mencatat
3. Menuliskan
4. Mempresentasikan
5. Menanggapi
6. Menanggapi
7. Memberikan saran
8. Menilai

2.    Psikomotor:
a.    Menelaah contoh pidato
b.    Mempresentasikan hasil kerja mandiri
c.     Menulis pidato berdasarkan tema yang ditentukan
d.    Memraktikkan pidato berdasarkan teknik pidato

3. Afektif:
a.    Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun
b.    Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain


Jenis Tagihan:
·      tugas individu
·      tugas kelompok
·      ulangan

Bentuk instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
·     jawaban singkat


4
· artikel/ berita dari media cetak/ elektronik
11.2  Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok)  dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif  
·    Teks yang berpola induktif dan deduktif
·    Ciri-ciri paragraf induktif
dan deduktif
● Kalimat simpulan



·   Menentukan kalimat simpulan isi teks berdasarkan hal-hal (generalisasi, analogi, sebab-akibat) yang disajikan dalam tulisan/ artikel



1.      Kognitif
Produk:
Membaca wacana dengan teknik membaca intensif
Mengidentifikasi  ide pokok wacana
Mengidentifikasi gagasan pendukung
Mendeskripsikan jenis paragraph berdasarkan letak kalimat utama
Mengidentifikasi cirri-ciri paragraph yang berpola induktif


Jenis Tagihan:
·   tugas individu
·   tugas kelompok
·   ulangan
Bentuk instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
jawaban singkat
4
Kartu paragraph, power poin, LCD, Komputer






Mengidentifikasi cirri-ciri paragraph yang berpola deduktif
Mengklasifikasikan beberapa paragraph yang letak kalimat utamanya sama
Mempresentasikan hasil kerja kelompok
Menanggapi presentasi kelompok lain
Memberikan saran, kritik, terhadap hasil presentasi teman secara lisan
Mengidentifikasi cirri-ciri penalaran induktif
Mengklasifikasikan kesimpulan isi wacana secara generalisasi
Mengklasifikasikan kesimpulan isi wacana secara analogi
Mengidentifikasi cirri-ciri penalaran deduktif
Mengklasifikasikan kesimpulan isi wacana secara silogisme
Mengklasifikasikan kesimpulan isi wacana secara entimen

Proses:
Melaksanakan kegiatan :
1. Membaca
2. Mencatat
3. Meneliti
4. Mempresentasikan
5. Menanggapi
6. Memberikan saran
7. Menilai

2.                                           2. Psikomotor:
a.    Menelaah wacana
b.    Menentukan ide pokok paragraf
c.     Menentukan gagasan pendukung paragraf
d.    Menentukan jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utama ( ide pokok paragraf)
e.  Mempresentasikan hasil kerja kelompok
f.  Mengidentifikasi penalaran deduktif dalam wacana
g.  Mengidentifikasi penalaran induktif dalam wacana

3. Afektif:
a. Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun
b. Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain









SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA Negeri 16 Surabaya
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  2
Standar Kompetensi           : Menulis
                                             12. Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola

Kompetensi
 Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
12.1           Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif 


Karangan deduktif  dan induktif
·      Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka (di luar kelas)
Menyunting karangan berpola deduktif dan induktif


1.    Kognitif
Produk:
·      Mengamati media gambar yang disediakan
·      Mencatat ide pokok gambar
·      Mencatat gagasan pendukung   
    gambar
·      Memperhatikan cirri-ciri paragraph deduktif dan induktif
·      Menuliskan karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan catatan ide pokok dan gagasan pengembang
·      Mempresentasikan hasil kerja kelompok
·      Menanggapi presentasi kelompok lain
·      Memberikan saran, kritik, terhadap hasil presentasi teman secara lisan
·      Menyunting karangan berpola deduktif dan induktif
·      Memberikan kritik dan saran terhadap hasil pekerjaan teman
·      Memberikan penilaian terhadap hasil pekerjaan teman sesuai dengan kriteria penilaian yang ditetapkan


Jenis Tagihan:
·     tugas kelompok
·      tugas individu

Bentuk Instrumen:
·                     Unjuk kerja
format pengamatan
4


LCD, Komputer, Power poin






Proses:
Melaksanakan kegiatan :
1. Memperhatikan gambar
2. Mencatat
3. Menulis paragraph deduktif dan induktif
4. Mempresentasikan
5. Menanggapi
6. Memberikan saran
7. Menilai

3.                                           2. Psikomotor:
a.    Memperhatikan gambar
b.    Menentukan ide pokok gambar
c.     Menentukan gagasan pendukung gambar
d.    Menuliskan karangan berpola deduktif dan induktif
e.     Mempresentasikan hasil kerja kelompok

3. Afektif:
a. Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun
b. Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain








12.2        Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup







































esai












































·      Membaca contoh esai
·      Mengidentifikasi ciri-ciri esai
·      Menulis  esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
·      Memperbaiki essai (dengan mempertimbang kan diksi,
·      kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca





























1.    Kognitif
Produk:
Membaca contoh karangan esai
Mengidentifikasi ciri-ciri karangan  esai
Menulis karangan esai
Mempresentasikan hasil kerja kelompok
Menanggapi presentasi kelompok lain
Memberikan saran, kritik, terhadap hasil presentasi teman secara lisan
●  Menyunting karangan esai
Memperbaiki karangan esai
Memberikan penilaian terhadap hasil pekerjaan teman sesuai dengan kriteria penilaian yang ditetapkan

Proses:
Melaksanakan kegiatan :
1. Membaca
2. Mengidentifikasi
3. Menulis karangan esai
4. Mempresentasikan
5. Menanggapi
6. Memberikan saran
7. Menilai

4.                                           2. Psikomotor:
a.    Membaca contoh karangan esai
b.    Mengidentifikasi ciri-ciri karangan esai
c.     Menulis karangan esai
d.    Mempresentasikan hasil kerja kelompok
e.     Menanggapi presentasi tema

3. Afektif:
a. Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun
b. Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain
Jenis Tagihan:
·     tugas kelompok
·      tugas individu

Bentuk Instrumen:
·                     Unjuk kerja
format pengamatan
6






























·   contoh esai dari media cetak/ elektronik
·   buku  Eyd






































SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA Negeri 16 Surabaya
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  2
Standar Kompetensi           : Mendengarkan
                                             13. Memahami pembacaan teks drama

Kompetensi Dasar


Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/Alat
13.1           Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan     


Teks drama
·   unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, latar, alur, amanat)


·   Mendengarkan pembacaan teks drama
·   Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan
·   Mendiskusikan unsur intrinsik  teks drama yang didengar
·   Melaporkan hail diskusi


1.    Kognitif
Produk:
Menyimak rekaman drama
Mengidentifikasi cunsur-unsur intrinsic drama yang disimaknya
Mencatat unsure intrinsic drama yang disimak
Mendiskusikan hasil kerja mandiri dengan kelompok kecilnya
Mempresentasikan hasil kerja kelompok
Menanggapi presentasi kelompok lain
Memberikan saran, kritik, terhadap hasil presentasi teman secara lisan
Memberikan penilaian terhadap hasil pekerjaan teman sesuai dengan kriteria penilaian yang ditetapkan

Proses:
Melaksanakan kegiatan :
1. Menyimak drama
2. Mengidentifikasi
3. Mencatat
4. Mendiskusikan
5. Mempresentasikan
6. Menanggapi
7. Memberikan saran
8. Menilai

5.                                           2. Psikomotor:
a.       Menyimak rekaman drama
b.       Mengidentifikasi unsur-unsur intrinsic drama
c.        Mencatat unsure intrinsic
d.       Mendiskusikan hasil kerja mandiri dengan kelompok kecilnya
e.        Mempresentasikan hasil kerja kelompok

3. Afektif:
a. Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun
b. Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain


Jenis Tagihan:
·      tugas kelompok
·      tugas individu
·      ulangan

Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·      pilihan ganda
·      jawaban singkat


6
Power Poin, LCD, Komputer, CD Rekaman Drama
13.2 Menyimpulkan isi drama melalui  pembacaan teks drama 
Teks drama
·   simpulan isi drama


·   Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks
·   Mendiskusikan simpulan isi teks drama


1.    Kognitif
Produk:
Menyimak rekaman drama
Mencatat peristiwa penting drama yang disimak
Mencatat simpulan drama sesuai dengan situasi dan konteks
Mendiskusikan hasil kerja mandiri dengan kelompok kecilnya
Mempresentasikan hasil kerja kelompok
Menanggapi presentasi kelompok lain
Mendiskusikan simpulan teks drama secara klasikal

Proses:
Melaksanakan kegiatan :
1. Mencatat
2. Mendiskusikan
3. Mempresentasikan
4. Menanggapi

6.                                           2. Psikomotor:
a.    Menyimak rekaman drama
b.    Mencatat simpulan drama
c.    Mendiskusikan simpulan drama

3. Afektif:
a. Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun
b. Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi
    pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain


Jenis Tagihan:
·     tugas kelompok
·     ulangan
Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·      pilihan ganda
 jawaan singkat
6
CD rekaman drama, LCD, komputer


SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA Negeri 16 Surabaya
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  2
Standar Kompetensi           : Berbicara
                                     14. Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama

Kompetensi
 Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
14.1        Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam  


Teks gurindam
·    ciri-ciri gurindam
nilai-nilai (budaya, agama, estetika, moral)
Mengidentifikasi ciri-ciri  gurindam
Membacakan gurindam
Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai dalam gurindam yang didengar
Membicarakan pesan-pesan yang terdapat
dalam gurindam yang didengar


1.    Kognitif
Produk:
Menyimak contoh gurindam
Mencatat hal-hal  yang terdapat dalam gurindam
Mengidentifikasi ciri-ciri gurindam
Mengidentifikasi nilai-nilai gurindam
Mengidentifikasi pesan yang terkandung dalam gurindam
Mendiskusikan hasil kerja mandiri dengan kelompok kecilnya
Mempresentasikan hasil kerja kelompok
Menanggapi presentasi kelompok lain
Mengaitkan nilai-nilai gurindam dengan nilai kehidupan saat ini
Membacakan gurindam

Proses:
Melaksanakan kegiatan :
1. Mencatat
2. Mendiskusikan
3. Mempresentasikan
4. Menanggapi

7.                                           2. Psikomotor:
a.    Menyimak rekaman drama
b.    Mencatat simpulan drama
c.    Mendiskusikan simpulan drama

3. Afektif:
a. Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun
b. Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi
    pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain


Jenis Tagihan:
·     tugas kelompok
·      tugas individu

Bentuk Instrumen:
·                     Unjuk kerja
format pengamatan
4
buku yang terkait dengan puisi lama
14.2                Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari
Teks gurindam
pengaitan isi gurindam dengan kehidupan sehari-hari
·   Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini
·   Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
1.    Kognitif
Produk:
Menyimak contoh gurindam
Mencatat hal-hal  yang terdapat dalam gurindam
Mengidentifikasi pesan yang terkandung dalam gurindam
Mengidentifikasi  keterkaitan isi yang terkandung dalam gurindam dengan kehidupan masa kini
Menyimpulakan pesan yang terkandung dalam gurindam
●Mendiskusikan hasil kerja mandiri dengan kelompok kecilnya
Mempresentasikan hasil kerja kelompok
Menanggapi presentasi kelompok lain
Menyimpulakan hasil diskusi

Proses:
Melaksanakan kegiatan :
1. Menyimak
2. Mencatat
3. Mengidentifikasi
4. Menyimpulkan
5. Mendiskusikan
6. Mempresentasikan
7. Menanggapi
8. Menyimpulkan

8.                                           2. Psikomotor:
a.    Menyimak contoh gurindam
b.    Mengidentifikasi nilai-nilai gurindam
c.    Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini
d.    Mendiskusikan keterkaitan isi gurindam dengan kehidupan masa kini

3. Afektif:
a. Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun
b. Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi
    pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain


Jenis Tagihan:
·     tugas kelompok
·      tugas individu

Bentuk Instrumen:
·                     Unjuk kerja
format pengamatan
4
LCD, computer, CD pembacaan gurindam



SILABUS

Nama Sekolah                     : S SMA Negeri 16 Surabaya
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  2
Standar Kompetensi           : Membaca
                                     15. Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan  karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
15.1Mengidentifikasi   tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer
Kumpulan puisi kontemporer
·   ciri-ciri puisi kontemporer
·   tema puisi kontemporer
·   bentuk puisi kontemporer
·   diksi


·      Membaca kumpulan puisi kontemporer (Misalnya : Malu Aku Jadi Orang Indonesia karya Taufik Ismail)
·      Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer
·      Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer
·      Mendiskusikan tema dan ciri-ciri puisi


1.    Kognitif
Produk:
Menyimak contoh pembacaan puisi kontemporer
Mencatat hal-hal  yang terdapat dalam  puisi kontemperor
Mengidentifikasi tema puisi kontemporer
Mengidentifikasi  ciri-ciri puisi kontemporer
● Menjelaskan  maksud isi puisi kontemporer
●Mendiskusikan hasil kerja mandiri dengan kelompok kecilnya
Mempresentasikan hasil kerja kelompok
Menanggapi presentasi kelompok
Menyimpulkan hasil diskusi kelas
Membaca contoh puisi kontemporer
Menyimak  teman membaca puisi kontemporer
Memberikan kritik  dan saran terhadap pembacaan puisi kontemporer oleh  teman
Menilai pembacaan puisi kontemporer teman, sesuai dengan standar penilaian yang ditetapkan

Proses:
Melaksanakan kegiatan :
1. Menyimak
2. Mencatat
3. Mengidentifikasi
4. Menjelaskan
5. Mendiskusikan
6. Mempresentasikan
7. Menanggapi
8. Menilai

9.                                           2. Psikomotor:
a.    Menyimak
b.    Mengidentifikasi cirri-ciri puisi kontemporer
c.    Menjelaskan isi puisi kontemporer
d.    Membaca puisi kontemporer

3. Afektif:
a. Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun
b. Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi
    pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain


Jenis Tagihan:
·     tugas individu
·     tugas kelompok
·     ulangan

Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
·     jawaban singkat
4
·   buku yang terkait dengan puisi kontem-porer
15.2        Menemukan perbedaan karakteristik  angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode   


Karya sastra berdasarkan periodisasi
·   karakteristik karya sastra setiap angkatan/ periode
·   perbedaan karakteristik karya sastra setiap angkatan/ periode


·      Membaca karya sastra dari tiap periode                
·      Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode
·      Menemukan perbedaan karakteristik  tiap periode
·      Mendiskusikan karya-karya pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll) 
1.    Kognitif
Produk:
Menyimak contoh karya sastra dari tiap periode
Mencatat hal-hal  yang terdapat dari contoh karya sastra dari tiap periode
Mengidentifikasi cirri karya sastra tiap periode
Mengidentifikasi  perbedaan karya sastra pada setiap periode
●Mendiskusikan hasil kerja mandiri dengan kelompok kecilnya
Mempresentasikan hasil kerja kelompok
Menanggapi presentasi kelompok
Menyimpulkan hasil diskusi kelas

Proses:
Melaksanakan kegiatan :
1. Menyimak
2. Mencatat
3. Mengidentifikasi
4. Menjelaskan
5. Mendiskusikan
6. Mempresentasikan
7. Menanggapi
8. Menilai
Jenis Tagihan:
·     tugas Individu
·     tugas kelompok
·     ulangan

Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
·      jawaban singkat
4
·      buku yang terkait dengan materi
·   karya sastra setiap periode







10.                                        2. Psikomotor:
a.    Menyimak
b.    Mengidentifikasi cirri-ciri karya sastra tiap periode
c.    Menjelaskan perbedaan karya sastra pada tiap periode

3. Afektif:
a. Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli
b.  Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi
    pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain






















SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA Negeri 16 Surabaya
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  2
Standar Kompetensi           : Menulis
                                              16. M.engungkapkan pendapat dalam bentuk  kritik dan esai

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
16.1           Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai


Kritik dan esai
·    ciri-ciri kritik dan esai
·    prinsip penulisan kritik dan esai


·      Membaca kritik dan esai
·      Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra
·      Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra


1.    Kognitif
Produk:
Membaca contoh karangan kritik dan esai
Mencatat cirri-ciri kritik
Mengidentifikasi karangan kritik dan esai
● Menjelaskan  cirri karangan kritik dan esai
●Mendiskusikan hasil kerja mandiri dengan kelompok kecilnya
Mempresentasikan hasil kerja kelompok
Menanggapi presentasi kelompok
Menyimpulkan hasil diskusi kelas

Proses:
Melaksanakan kegiatan :
1. Menyimak
2. Mencatat
3. Mengidentifikasi
4. Menjelaskan
5. Mendiskusikan
6. Mempresentasikan
7. Menanggapi
8. Menilai

11.                                        2. Psikomotor:
a.    Membaca
b.    Mengidentifikasi cirri-ciri karangan kritik dan asai
c.    Menjelaskan perbedaan karangan kritik dan esai
d.    Menyimpulkan

3. Afektif:
a. Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli
b.  Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain


Jenis Tagihan:
·     tugas Individu
·      tugas kelompok
·     ulangan

Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
·      jawaban singkat


4
·   buku yang terkait dengan kritik sastra

·   buku yang terkait dengan kritik dan esai
16.2           Menerapkan prinsip-prinsip  penulisan kritik dan esai  untuk mengomentari  karya sastra 
Pengembangan gagasan atau  pendapat untuk menulis kritik dan esai
·    cara menulis kritik dan esai


·   Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
·   Menyunting tulisan kritik dan esai sastra


1.    Kognitif
Produk:
Memperhatikan cirri karangan kritik dan esai
Menulis karangan kritik dan esai sesuai dengan topic yang disepakati
Mempresentasikan tugas mandiri
Menanggapi presentasi teman

Memberikan saran, kritik, terhadap hasil presentasi teman secara lisan
Memberikan penilaian terhadap hasil pekerjaan teman sesuai dengan kriteria penilaian yang ditetapkan

Proses:
Melaksanakan kegiatan :
1. Memperhatikan contoh
2. Mengidentifikasi
3. Menulis
4.Mempresentasikan
5. Menanggapi
6. Memberikan saran
7. Menilai


12.                                        2. Psikomotor:
a.  Memperhatikan contoh karangan esai dan kritik
b.  Menulis karangan esai dan kritik
c.   Mempresentasikan hasil kerja kelompok
d. Menanggapi presentasi teman
e.  Menilai hasil kerja teman

3. Afektif:
a. Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun
b. Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain



Jenis Tagihan:
·     tugas individu
·     tugas kelompok
·     ulangan
Bentuk Instrumen:
·     uraian bebas
·     pilihan ganda
·     jawaban singkat
6
·   buku yang terkait dengan kritik dan esai
·   buku EyD

   Mengetahui,                                                                                                                                               Surabaya, 3 Januari  2011              
   Kepala Sekolah,                                                                                                                                                           Guru Mata Pelajaran,


        Hj. Sri Widiati, S.Pd, M.M                                                                                                                                     Sri Kusrini, S.Pd
     Nip. 19621109 198512 2 005                                                                                                                           Nip. 19570212 198111 2 002








0 comments:

Posting Komentar