KEKASIH TERHEBAT

https://www.youtube.com/watch?v=CuCzxDukoU4

Selasa, 14 Maret 2017

RPP Bahasa Indonesia

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( Mandiri Teks Opini/Editorial)

Sekolah                   :
SMA NEGERI 11 SURABAYA
Mata pelajaran        :
Bahasa Indonesia
Materi Pembelajaran
Teks Editorial/Opini
Kelas/Semester       :
XII/2
Alokasi Waktu        :
6 x 45 menit

A.    Kompetensi Inti (KI)
KI  1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI  2
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahandalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI  3
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluas pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI  4
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar
1.2  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan  menggunakannya  sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks ceritasejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
2.4  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan  bahasa Indonesia untuk  memaparkan editorial/opinin tentang konflik sosial, politik, ekonomi, kebijakan publik, dan lingkungan hidup
3.1  Memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan  cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
3.3  Menganalisis teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
4.1  Menginterpretasi makna teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik secara lisan maupun tulisan
4.2  Memproduksi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
4.3  Menyunting teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4  Mengabstraksi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik secara lisan maupun tulisan
C.     Indikator
1.2.1 Menggunakan bahasa Indonesia sebagai ungkapan rasa syukur dalam memahami teks editorial secara lisan maupun tulisan
2.4.1 Mengungkapkan pendapat tentang isi teks editorial dengan jujur
2.4.2 Menghargai pendapat orang lain dalam diskusi tentang isi teks editorial.
3.1.1 Menentukan fungsi teks editorial
3.1.2 Menentukan struktur teks editorial
3.1.3 Mengidentifikasi kaidah/ciri bahasa teks editorial
3.3.1 Menjelaskan fungsi teks   editorial
3.3.2 Menjelaskan struktur teks editorial
3.3.2 Menemukan kaidah/ciri bahasa teks editorial
4.1.1 Menjelaskan masalah yang terdapat dalam teks editorial
4.1.2 Menjelaskan fakta yang terdapat dalam teks editorial
4.1.3 Menjelaskan opini penulis dalam teks editorial
4.1.4 Menjelaskan tujuan penulis dalam teks editorial
4.1.5 Menjelaskan pihak yang dituju dalam teks editorial
4.1.6 Mengungkapkan isi teks editorial secara singkat dan lengkap.
4.2.1 Membuat teks editorial sesuai dengan struktur dan kaidah
4.3.1 Menemukan kesalahan teks yang tidak sesuai dengan struktur penulisan teks editorial.
4.3.2 Menemukan kesalahan teks yang tidak sesuai dengan  kaidah penulisan
4.4.1 Membuat ringkasan teks editorial
4.4.2.Mengonversi teks editorial dengan teks lain (menjadi teks narasi) dengan struktur yang berbeda

D.    Materi Pembelajaran
Teks editorial/opini (halaman 65)
1.    Fungsi teks editorial/opini
2.             Struktur teks editorial/opini berjudul “Mitigasi Belum Optimal”
a.    Urutan pernyataan pendapat
b.    Argumentasi
c.    Pernyataan ulang pendapat
3.   Ciri kaidah teks editorial/opini
-                                                                                                  Kalimat utama
-                                                                                                  Penggunaan adverbial frekuentatif
-                                                                                                  Konjungsi
-                                                                                                  Verba material, rasional, mental
-                                                                                                  kosakata yang jarang digunakan dalam keseharian
4.   Isi teks editorial/opini “Mitigasi Belum Optimal”
-                                                                                                  topik
-                                                                                                 masalah
-                                                                                                  tujuan
-                                                                                                  fakta
-                                                                                                  opini/pandangan penulis
-                                                                                                  kalimat utama

5.    Membuat teks editorial/opini bertemakan peristiwa sosial
6.    Menyunting teks editorial/opini bertemakan peristiwa sosial
7.    Ringkasan teks editorial/opini bertemakan peristiwa social
8.    Mengonversi teks editorial/opini bertemakan peristiwa sosial

E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
      (6 JP)
    
Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan

1.   Peserta didik merespons  salam
2.   Peserta didik merespons pertanyaan guru yang berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya.
3.   Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.   Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, indikator, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.   Peserta didik merespon pertanyaan tentang berbagai hal yang berhubungan dengan teks editorial/opini
10









Kegiatan Inti

Mengamati
1.      Peserta didik membaca  teks editorial/opini dengan cermat dalam buku teks halaman 65.
2.      Peserta didik mencermati  struktur, ciri kaidah bahasa dalam teks editorial/opini.
Menanya
3.      Peserta didik mengidentifikasi isi teks editorial/opini untuk menanyakan struktur teks, yaitu  pernyataan pendapat argumentasi pernyataan ulang pendapat.
4.      Menanyakan tentang yang terdapat dalam teks editorial.
5.      Menanyakan masalah yang terdapat dalam teks editorial
6.      Menanyakan fakta, opini, tujuan, pihak yang dituju yang terdapat dalam teks editorial
7.      Menanyakan isi teks editorial secara singkat dan lengkap.
8.      Menanyakan tentang cara memproduksi/menulis.
9.      Menanyakan tentang cara menyunting teks editorial/ opini.
10.  Menanyakan tentang cara menyunting teks editorial/ opini
11.  Menanyakan tentang cara mengabstraksi teks editorial/ opini

Mengumpulkan Informasi

12.  Peserta didik mengidentifikasi teks editorial/opini berjudul Mitigasi Belum Optimal dari segi isi, kaidah, struktur teks.
13.  mengumpulkan masalah yang terdapat dalam teks editorial
14.  Menentukan fakta, opini, tujuan, pihak yang dituju yang terdapat dalam teks editorial
15.  Menentukan isi teks editorial secara singkat dan lengkap.
16.  Menentukan tentang cara memproduksi/menulis.
17.  Menentukan tentang cara menyunting teks editorial/ opini.
18.  Menentukan tentang cara mengabstraksi teks editorial/ opini

Mengasosiasi
19.  Peserta didik mengidentifikasi data/informasi  sebagai bahan penulisan  teks editorial/opini  bertema sosial.
20.  Peserta didik merancang teks editorial/opini bertema sosial dengan memerhatikan struktur teks.
21.  Peserta didik menelaah rancangan teks editorial/opini sebagai bahan penulisan teks.
22.  Peserta didik secara mandiri untuk menemukan masalah sosial yang aktual
23.  Peserta didik secara mandiri untuk mengumpulkan bahan-bahan penulisan teks editorial/opini yang berhubungan dengan peristiwa sosial.
24.  Peserta didik secara mandiri untuk memproduksi teks editorial/opini yang bertema masalah sosial
25.  Peserta didik mengabstraksi teks editorial/opini yang telah dibuat

Mengomunikasikan

26.          Peserta didik mempresentasikan  hasil produksi teks editorial/ opini bertema sosial.
27.          Peserta didik lain menanggapi presentasi hasil produksi teks editorial/ opini bertema sosial.
65
Kegiatan Penutup

1.      Peserta didik dan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2.      Peserta didik dan guru melakukan penilaian pembelajaran.
3.      Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil penilaian pembelajaran yang telah dicapai.
4.      Peserta didik dan guru merefleksi pembelajaran yang telah berlangsung
15


E.1 Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertama (indikator KD 3.1,3.3, 4.1, dan 4.2) (2 JP)

Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan

1.        Peserta didik merespons  salam
2.        Peserta didik merespons pertanyaan guru yang berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya.
3.        Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.        Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, indikator, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.        Peserta didik merespon pertanyaan tentang berbagai hal yang berhubungan dengan teks editorial/opini
10











Kegiatan Inti

Mengamati
6.        Peserta didik membaca  teks editorial/opini dengan cermat dalam buku teks halaman 65.
7.        Peserta didik mencermati  struktur, ciri kaidah bahasa dalam teks editorial/opini.
Menanya
8.        Peserta didik mengidentifikasi isi teks editorial/opini untuk menanyakan struktur teks, yaitu  pernyataan pendapat argumentasi pernyataan ulang pendapat.
9.        Menanyakan tentang yang terdapat dalam teks editorial.
10.    Menanyakan masalah yang terdapat dalam teks editorial
11.    Menanyakan fakta, opini, tujuan, pihak yang dituju yang terdapat dalam teks editorial
12.    Menanyakan isi teks editorial secara singkat dan lengkap.
13.    Menanyakan tentang cara memproduksi/menulis.

Mengumpulkan Informasi

14.  Peserta didik mengidentifikasi teks editorial/opini berjudul Mitigasi Belum Optimal dari segi isi, kaidah, struktur teks.
15.  mengumpulkan masalah yang terdapat dalam teks editorial
16.  Menentukan fakta, opini, tujuan, pihak yang dituju yang terdapat dalam teks editorial
17.  Menentukan isi teks editorial secara singkat dan lengkap.
18.  Menentukan tentang cara memproduksi/menulis.

Mengasosiasi
19.  Peserta didik mengidentifikasi data/informasi  sebagai bahan penulisan  teks editorial/opini  bertema sosial.
20.  Peserta didik merancang teks editorial/opini bertema sosial dengan memerhatikan struktur teks.
21.  Peserta didik menelaah rancangan teks editorial/opini sebagai bahan penulisan teks.
22.  Peserta didik secara mandiri untuk menemukan masalah sosial yang actual
23.  Peserta didik secara mandiri untuk mengumpulkan bahan-bahan penulisan teks editorial/opini yang berhubungan dengan peristiwa sosial.
24.  Peserta didik secara mandiri untuk memproduksi teks editorial/opini yang bertema masalah social

Mengomunikasikan

25.     Peserta didik mempresentasikan  hasil produksi teks editorial/ opini bertema sosial.
26.     Peserta didik lain menanggapi presentasi hasil produksi teks editorial/ opini bertema social.
65
Kegiatan Penutup

5.      Peserta didik dan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari
6.      Peserta didik dan guru melakukan penilaian pembelajaran.
7.      Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil penilaian pembelajaran yang telah dicapai.
8.      Peserta didik dan guru merefleksi pembelajaran yang telah berlangsung
15


F.      Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.    Pertemuan Pertama
a.    Penilaian Sikap
1)      Teknik : pengamatan sikap
2)      Bentuk : lembar pengamatan
3)      Instrumen

4)       
5)      No.
Nama
Peserta didik
Religius
Jujur
Responsif
Santun

Rata-rata

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4
1.


















2.


















3.


















….



















4 Rubrik

Rubrik
Skor
sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan
1
menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan
masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
2
menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan yang  cukup
sering dan mulai ajeg/konsisten
3
menunjukkan adany usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan secara
terus-menerus dan ajeg/konsisten
4

b.    Penilaian pengetahuan
1.                                                                                                                            Teknik   : tes tertulis
2.                                                                                                                            Bentuk   : uraian
3.                                                                                                                            Instrumen
Soal 1       :
Bacalah teks berikut. Kemudian tentukan struktur teks opini/editorial tersebut dengan disertai data yang mendukung!

Mitigasi Belum Optimal
1.    Tanpa kebijakan permanen menghadapi bencana gunung, penyelamatan morat-marit. Hindari simpang-siur media sosial.
2. Pemerintah terlihat kurang cekatan dalam menanggulangi dampak erupsi. Seolah-olah tak belajar dari akibat letusan Sinabung yang morat-marit, dari penyediaan masker sampai pasokan air minum, selimut, dan obat-obatan, pemerintah terkesan kurang sigap-tanggap. Terkatung-katungnya sejumlah pengungsi karena pos penampungan mereka ternyata sudah digunakan pengungsi lain membuktikan manajemen penanggulangan yang serba dadakan.
3. Operasi tanggap darurat yang dilakukan pemerintah terkesan sebatas respons reaktif, spontan, dan sporadis. Sudah saatnya kita memiliki kebijakan permanen yang mampu mengantisipasi dan meminimalkan dampak bencana, yakni kebijakan yang berangkat dari database pemetaan daerah rawan letusan gunung berapi. Dibutuhkan operasi dengan persiapan koordinasi penyelamatan, penyediaan infrastruktur, sampai pelatihan relawan yang dilakukan secara prabencana.
4. Negara seperti Jepang, yang merupakan langganan gempa, secara sistemik memiliki program kesiap-siagaan menghadapai bencana. Mereka menyiapkan teknologi tahan bencana dan membangun system sosial yang tanggap bencana. Mereka menginginkan masyarakatnya memiliki kultur sadar bencana yang rasional. Sedangkan dalam alam pikir masyarakat kita, letusan gunung masih dianggap sesuatu yang insidental, yang walaupun merupakan malapetaka tetap mengandung “hikmah” tertentu.
5. Kemampuan pemerintah memberikan informasi penting yang harus dipatuhi masyarakat masih lemah. Akibatnya, banyak korban jatuh yang sebetulnya bisa dihindari. Erupsi Kelud, misalnya, tak banyak memakan korban langsung. Korban meninggal dan luka-luka justru karena dampak tak langsung. Beberapa orang tewas karena keruntuhan atap rumah ketika membersihkan debu yang menumpuk di bubungan.
6. Tatkala hujan turun, air membuat debu mengeras, menjadi mirip campuran semen. Atap pun ambruk karena tak kuat menahan beban. Masih ada kemungkinan korban bertambah akibat masyarakat melanggar zona bahaya. Dalam radius sepuluh kilometer, masyarakat dilarang masuk karena kemungkinan datangnya awan panas. Tetapi, dalam kenyataannya, banyak penduduk menerobos karena menganggap keadaan sudah aman.
7. Kesimpangsiuran informasi hampir selalu terulang pada setiap bencana. Setelah letusan Kelud, di media sosial ramai dibicarakan Gunung Bromo-Semeru akan menyusul. Isu palsu ini bisa membuat panik. Erupsi tak mirip virus influenza. Setiap gunung memiliki aktivitas vulkanis sendiri-sendiri, tidak bergantung gunung lain.
8. Seyogianya, pemerintah tangkas memberi informasi yang terangbenderang, yang tingkat akurasinya mampu menyelamatkan masyarakat. Pada kenyataannya, masyarakat lebih sering mempercayai prediksi dari sumber tak jelas, misalnya “juru kunci”. Pemerintah, bagaimanapun, harus mampu menyinergikan deteksi bencana yang bertolak dari ilmu pengetahuan dan pengalaman lokal.
9. Tugas mitigasi adalah meningkatkan pengetahuan mayarakat tentang ciri-ciri letusan gunung secara ilmiah. Tugas mitigasi juga membangun menajemen rasional penanggulangan berbasis masyarakat. Daripada menghamburkan uang untuk hal-hal tak penting, lebih baik pemerintah mulai menyiapkan infrastruktur mitigasi yang benar.

       Buku Siswa Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Kelas XII
Kunci
Paragraf 1 adalah pernyataan pendapat
Paragraf 2 – 8 adalah argumentasi
Paragraf 9 adalah pernyataan ulang pendapat

 Pedoman Penskoran

No.
Aspek dan Kriteria
Skor
1.
Kelengkapan
a.   Struktur teks lengkap
b Struktur teks hanya dua
c.   Struktur teks hanya satu


3
2
1
2.
Kesesuaian
a.   Data (kalimat) mendukung atau sesuai dengan struktur teks
b Data (kalimat) hanya dua yang mendukung atau sesuai dengan struktur
 c.  Data (kalimat) hanya satu mendukung atau sesuai  dengan struktur


3

2
1

Soal 2       :
Buatlah teks editorial/opini yang bertemakan peristiwa sosial!
Pedoman penskoran

No.
Kriteria Penilaian
Skor
1.
Isi
a.   Lengkap dan terinci
b.  Lengkap tetapi kurang terinci
c.   Kurang lengkap dan terinci
d.  Kurang lengkap dan kurang terinci

4
3
2
1
2.
Organisasi
a. Teratur dan logis
b. Teratur tetapi tidak logis
  c.  Kurang teratur dan logis
d. Kurang teratur dan kurang logis

4
3
2
1
3.
Pilihan kata
a. Tepat dan sesuai
b. Kurang tepat dan sesuai
c.  Tidak tepat dan sesuai

3
2
1
4.
Kalimat
a. Mudah dipahami
b. Sedikit sulit dipahami
c.  Sulit dipahami

3
2
1
5.
Ejaan dan tanda baca
a. Tidak ada yang salah
b. Sedikit yang salah
c.  Banyak yang salah

3
2
1

c. Remedial
Pemberian bimbingan secara khusus bagi siswa yang mendapat nilai di bawah KKM
Soal remedial
Siswa ditugaskan menentukan struktur teks editorial/opini yang lain.
d. Pengayaan
secara mandiri peserta didik ditugaskan mencari dan menentukan struktur teks editorial/opini yang diminati

G.    Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.    Media              : Buku Siswa  Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik
2.    Alat/Bahan      : Teks berjudul “Mitigasi Belum Sempurna”  halaman 65    
H.      Sumber Belajar
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo   
                      Perkasa.
Maryanto, dkk. 2015. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Kelas XII. Jakarta: Kemdikbud 
                       RI


4.3.1 Menemukan kesalahan teks yang tidak sesuai dengan struktur penulisan teks editorial.
4.3.2 Menemukan kesalahan teks yang tidak sesuai dengan  kaidah penulisan

E.2 Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Kedua (indikator KD 3.1,3.3, 4.1, dan 4.3) (2 JP)

Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan

1.        Peserta didik merespons  salam
2.        Peserta didik merespons pertanyaan guru yang berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya.
3.        Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.        Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, indikator, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.        Peserta didik merespon pertanyaan tentang berbagai hal yang berhubungan dengan teks editorial/opini
10











Kegiatan Inti

Mengamati
1. Peserta didik  saling bertukar hasil kerja menulis teks editorial untuk diamati.
Menanya
2.        Peserta didik menanyakan hal-hal  diamati dalam teks editorial.

Mengumpulkan Informasi
3.      Peserta didik mengidentifikasi struktur teks editorial.
4.      Peserta didik mengidentifikasi kaidah kebahasaan teks editorial.

Mengasosiasi
5.      Peserta didik menemukan kebenaran dan kesalahan penulisan teks editorial dari segi struktur.
6.      Peserta didik menemukan kebenaran dan kesalahan penulisan teks editorial dari segi kaidah kebahasaan.

Mengomunikasikan
7.         Peserta didik mempresentasikan  hasil penilaian terhadap teks editorial yang ditulis temannya.
8.         Peserta didik lain menanggapi presentasi hasil penilaian terhadap teks editorial.
65
Kegiatan Penutup

9.      Peserta didik dan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari
10.  Peserta didik dan guru melakukan penilaian pembelajaran.
11.  Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil penilaian pembelajaran yang telah dicapai.
12.  Peserta didik dan guru merefleksi pembelajaran yang telah berlangsung
15


A.    Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.    Pertemuan Pertama
a.    Penilaian Sikap
6)      Teknik : pengamatan sikap
7)      Bentuk : lembar pengamatan
8)      Instrumen
9)       
10)  No.
Nama
Peserta didik
Religius
Jujur
Responsif
Santun

Rata-rata

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4
1.


















2.


















3.


















….



















4 Rubrik

Rubrik
Skor
sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan
1
menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan
masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
2
menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan yang  cukup
sering dan mulai ajeg/konsisten
3
menunjukkan adany usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan secara
terus-menerus dan ajeg/konsisten
4

b.    Penilaian pengetahuan
1.                                                                                                                            Teknik   : tes tertulis
2.                                                                                                                            Bentuk   : uraian
3.                                                                                                                            Instrumen

Soal 2               :
Amati dan temukan kebenaran serta kesalahan teks editorial dari segi struktur dan kaidah  yang dibuat temanmu!
Pedoman penskoran
No.
Kriteria Penilaian
Skor
1.
Struktur
a.   Lengkap
b.  Hanya dua
c.   Hanya satu


3
2
1
2.
Kaidah
a. Teratur dan log
b. Teratur tetapi tidak logis
  c.  Kurang teratur dan logis
d. Kurang teratur dan kurang logis

4
3
2
1
3.
Penegasan ulang pendapat
a. Tepat dan sesuai
b. Kurang tepat dan sesuai
c.  Tidak tepat dan sesuai

3
2
1
4.
Kalimat
a. Mudah dipahami
b. Sedikit sulit dipahami
c.  Sulit dipahami

3
2
1
5.
Ejaan dan tanda baca
a. Tidak ada yang salah
b. Sedikit yang salah
c.  Banyak yang salah

3
2
1


No.
Kriteria Penilaian
Skor
1.
Isi
a.   Lengkap dan terinci
b.  Lengkap tetapi kurang terinci
c.   Kurang lengkap dan terinci
d.  Kurang lengkap dan kurang terinci

4
3
2
1
2.
Organisasi
a. Teratur dan logis
b. Teratur tetapi tidak logis
  c.  Kurang teratur dan logis
d. Kurang teratur dan kurang logis

4
3
2
1
3.
Pilihan kata
a. Tepat dan sesuai
b. Kurang tepat dan sesuai
c.  Tidak tepat dan sesuai

3
2
1
4.
Kalimat
a. Mudah dipahami
b. Sedikit sulit dipahami
c.  Sulit dipahami

3
2
1
5.
Ejaan dan tanda baca
a. Tidak ada yang salah
b. Sedikit yang salah
c.  Banyak yang salah

3
2
1

c. Remedial
Pemberian bimbingan secara khusus bagi siswa yang mendapat nilai di bawah KKM
Soal remedial
Siswa ditugaskan menentukan struktur teks editorial/opini yang lain.
d. Pengayaan
secara mandiri peserta didik ditugaskan mencari dan menentukan struktur teks editorial/opini yang diminati
B.     Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
3.    Media              : Buku Siswa  Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik
4.    Alat/Bahan      : Teks berjudul “Mitigasi Belum Sempurna”  halaman 65    

C.       Sumber Belajar
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Perkasa.
Maryanto, dkk. 2015. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Kelas XII. Jakarta: Kemdikbud  RI.


     Pertemuan ketiga (2 JP)
Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran

Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan

1.   Peserta didik merespons  salam
2.   Peserta didik merespons pertanyaan guru yang berhubungan dengan  pembelajaran sebelumnya.
3.   Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.   Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, indikator, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.   Peserta didik membentuk kelompok, masing-masing 4 orang

10
Kegiatan Inti

Mengamati
D.    Peserta didik membaca  teks editorial/opini dengan cermat dalam buku teks.
E.     Peserta didik mencermati  struktur, cirri kaidah bahasa dalam teks editorial/opini.
Menanya
F.      Peserta didik bertanya secara lisan  tentang  struktur, ciri kaidah bahasa.
G.    Peserta didik lainnya menjawab, menanggapi, atau memberikan komentar.
Mengumpulkan Informasi
H.    Secara berkelompok peserta didik menganalisis struktur  teks editorial yang didapatkan dari media massa atau media elektronik.
I.       Secara berkelompok peserta didik menganalisis cirri kaidah bahasa yang terdapat dalam teks editorial/opini
J.       Secara berkelompok peserta didik merumuskan topik teks editorial/opini
K.    Secara berkelompok peserta didik merumuskan masalah teks editorial/ opini
L.     Secara berkelompok peserta didik menemukan kalimat utama tiap paragraf dalam teks editorial/opini
M.   Secara berkelompok peserta didik menafsirkan tujuan penulis teks editorial/opini
N.    Secara berkelompok peserta didik mengidentifikasi fakta dan opini/pandangan  penulis teks editorial/opini
O.    Secara berkelompok peserta didik menafsirkan pihak yang dituju penulis teks editorial/opini
P.      Secara berkelompok peserta didik menemukan  saran penulis teks editorial/opini
Mengasosiasi
9.      Peserta didik secara berkelompok  menata struktur teks editorial/opini yang telah ditemukan dalam diskusi kelompok.
10.  Peserta didik secara berkelompok menyimpulkan ciri kaidah bahasa yang digunakan dalam teks editorial/opini.
11.  Peserta didik mengolah informasi yang telah ditemukan tentang topik, masalah, kalimat utama, fakta, opini/pandangan, tujuan, pihak yang dituju, dan saran penulis teks editorial/opini
Mengomunikasikan
12.  Secara bergantian peserta didik mempresentasikan struktur dan cirri kaidah, isi teks editorial/opini
13.  Kelompok lain menanggapi kelompok yang maju ke depan
65
Kegiatan Penutup

2.      Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari
3.      Peserta didik melakukan penilaian pembelajaran.
4.      Peserta didik saling memberikan umpan balik hasil penilaian pembelajaran yang telah dicapai.
5.      Peserta didik merefleksi pembelajaran yang telah berlangsung
15

A. Penilaian, Remedial dan Pengayaan
1.      Teknik penilaian
a.    Kompetensi Sikap:
·      observasi
b.   Kompetensi Pengetahuan:
·      tes tertulis
c.     Kompetensi Keterampilan:
·      tes praktik 
    2. Instrumen penilaian
        a. Pertemuan pertama
1)   Penilaian Sikap 

Instrumen Penilaian Observasi

No.
 Nama peserta didik
Menggunakan Bahasa Indonesia dalam diskusi sebagai ungkapan rasa syukur.
Mengungkapkan pendapat tentang isi teks editorial/opini dengan jujur



Mendengarkan  pendapat orang lain dalam diskusi tentang isi teks editorial/opini dengan serius.
Santun dalam menyanggah pendapat orang lain dalam berdiskusi

Nilai
1.
Abu
V
v
v
v
SB
2.
Agus
V
v
v

B
3.
Budi
V
v


C
     4.
Badri



v
K

2)      Penilaian Pengetahuan

No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.
Menentuka struktur teks editorial/opini
Tes tertulis
Uraian
Tentukan struktur teks editorial/opini yang telah Anda baca (teks terlampir)
2.
Mengidentifikasi kaidah/ciri bahasa teks editorial/opini
Tes tertulis
Uraian
Identifikasilah kaidah/ciri bahasa yang digunakan dalam teks editorial/opini, masing-masing  beserta contohnya! (teks terlampir)

b.   Pertemuan kedua
1)Penilaian Sikap 

Instrumen Penilaian Observasi

No.
Nama peserta didik
Menggunakan Bahasa Indonesia dalam diskusi sebagai ungkapan rasa syukur.
Mengungkapkan pendapat tentang isi teks editorial/opini dengan jujur



Mendengarkan  pendapat orang lain dalam diskusi tentang isi teks editorial/opini dengan serius.
Santun dalam menyanggah pendapat orang lain dalam berdiskusi

Nilai
1.
Agus
V
V
v
v
SB
2.
Ali
V
V
v

B
3.
Budi
V
V


C
4.  
Badri



v
K

              2)Penilaian Pengetahuan

No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.
Menjelaskan persamaan struktur teks editorial/opini

Tertulis
Uraian
Jelaskan persamaan struktur dari dua teks teks editorial/opini yang And abaca! (teks terlampir)

2.
Menjelaskan perbedaan struktur teks editorial/opini

Tertulis
 Uraian
Jelaskan perbedaan struktur dari dua teks editorial/opini yang And abaca! (teks terlampir)

3.
Menjelaskan persamaan ciri kaidah bahasa teks editorial/opini

Tertulis
Uraian
Jelaskan persamaan ciri kaidah bahasa dari dua teks editorial/opini yang And abaca! (teks terlampir)

4.
Menjelaskan perbedaan ciri kaidah bahasa teks editorial/opini

Tertulis
Uraian
Jelaskan perbedaan ciri kaidah bahasa teks editorial/opini dari dua teks yang And abaca! (teks terlampir)


c.                                                    Pertemuan ketiga
1)   Penilaian sikap

Instrumen Penilaian Observasi
No.
 Nama peserta didik
Menggunakan Bahasa Indonesia dalam diskusi sebagai ungkapan rasa syukur.
Mengungkapkan pendapat tentang isi teks editorial/opini dengan jujur



Mendengarkan  pendapat orang lain dalam diskusi tentang isi teks editorial/opini dengan serius.
Santun dalam menyanggah pendapat orang lain dalam berdiskusi

Nilai
1.
Anita
v
v
v
v
SB
2.
Bella
v
v
v

B
3.
Desi
V
v


C
     4.
Elia



v
K

2)      Penilaian Pengetahuan

No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.
Menjelaskan struktur teks editorial/opini
Tes tertulis
Uraian
JelasJan struktur teks editorial/opini yang Anda baca! (teks terlampir)
2.
Menemukan kaidah/cirri bahasa teks editorial/opini
Tes tertulis
Uraian
Temukan kaidah/ciri bahasa dalam teks editorial/opini yang Anda baca (teks terlampir)

3)      Penilaian Keterampilan

No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.
Menentukan topik teks editorial/opini yang dibaca
Tes tertulis
Uraian

2.
Menemukan kalimat utama tiap paragraf dalam teks editorial/opini
Tes tertulis
Uraian

3.
Menjelaskan masalah yang terdapat dalam teks editorial/opini
Tes tertulis
Uraian

4.
 Menjelaskan fakta yang terdapat dalam teks editorial/opini
Tes tertulis


5.
Menjelaskan opini/pandangan penulis dalam teks editorial/opini



6.
 Menjelaskan tujuan penulis dalam teks editorial/opini



7.
Menjelaskan pihak yang dituju dalam teks editorial/opini



8
Menjelaskan saran yang diungkapkan dalam teks editorial/opini



9.
Mengungkapkan isi teks editorial/opini secara singkat dan lengkap.





    3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan  
    4. Kunci dan Pedoman Penskoran

a.   Pengetahuan

Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
1.
b.                      Peserta didik menjelaskan struktur teks editorial/opini sangat tepat

4
c.                      Peserta didik menjelaskan struktur teks editorial/opini tepat

3
d.                     Peserta didik menjelaskan struktur teks editorial/opini kurang tepat

2
e.                      Peserta didik menjelaskan struktur teks editorial/opini tidak tepat
1

Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
2.
f.                       Peserta didik menjelaskan kaidah/cirri bahasa yang digunakan dalam teks editorial/opini sangat tepat
4
g.                      Peserta didik menjelaskan kaidah/cirri bahasa yang digunakan dalam teks editorial/opini tepat
3
h.                      Peserta didik menjelaskan kaidah/cirri bahasa yang digunakan dalam teks editorial/opini kurang tepat
2
i.                         Peserta didik menjelaskan kaidah/cirri bahasa yang digunakan dalam teks editorial/opini tidak tepat
1
  
        Keterangan

         Nilai = Perolehan skor     
                    Jumlah soal

     Contoh
     Nilai =  7   = 3,5 = B+
                       2

H.    Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
5.    Media/Alat
6.    Bahan
7.    Sumber Belajar Buku paket guru dan siswa  Bahasa Indonesia  ekspresi diri, Depdikbud


                      Mengetahui                                                                Surabaya,   3  Januari  2017           Kepala SMA Negeri 11 Surabaya                                        Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                                                                                                            
           


 Dra, Marlina Kusmawati, M.M                                                                Dra. I. Mufidah, M.Pd                                                                                                                                                                    NIP. 19621122 199103 2 005                                                                  NIP 19650927 199202 2 003 


                                                                                                         

0 comments:

Posting Komentar