( Mandiri Teks
Opini/Editorial)
Sekolah :
|
SMA NEGERI 11 SURABAYA
|
Mata pelajaran :
|
Bahasa Indonesia
|
Materi Pembelajaran
|
Teks Editorial/Opini
|
Kelas/Semester :
|
XII/2
|
Alokasi Waktu :
|
6 x
45 menit
|
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahandalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluas pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi Dasar
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks
ceritasejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
2.4 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli,
dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk memaparkan
editorial/opinin tentang konflik sosial, politik, ekonomi, kebijakan publik,
dan lingkungan hidup
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan
maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks cerita sejarah, berita,
iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun
tulisan
4.1 Menginterpretasi makna teks cerita sejarah,
berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik secara lisan
maupun tulisan
4.2
Memproduksi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan
cerita fiksi dalam novel yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik
secara lisan maupun tulisan
4.3
Menyunting teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan
cerita fiksi dalam novel sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan
4.4
Mengabstraksi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan
cerita fiksi dalam novel baik secara lisan maupun tulisan
C.
Indikator
1.2.1
Menggunakan bahasa Indonesia sebagai ungkapan rasa syukur dalam memahami teks
editorial secara lisan maupun tulisan
2.4.1
Mengungkapkan pendapat tentang isi teks editorial dengan jujur
2.4.2 Menghargai
pendapat orang lain dalam diskusi tentang isi teks editorial.
3.1.1
Menentukan fungsi teks editorial
3.1.2
Menentukan struktur teks editorial
3.1.3
Mengidentifikasi kaidah/ciri bahasa teks editorial
3.3.1
Menjelaskan fungsi teks editorial
3.3.2
Menjelaskan struktur teks editorial
3.3.2
Menemukan kaidah/ciri bahasa teks editorial
4.1.1
Menjelaskan masalah yang terdapat dalam teks editorial
4.1.2
Menjelaskan fakta yang terdapat dalam teks editorial
4.1.3
Menjelaskan opini penulis dalam teks editorial
4.1.4
Menjelaskan tujuan penulis dalam teks editorial
4.1.5
Menjelaskan pihak yang dituju dalam teks editorial
4.1.6
Mengungkapkan isi teks editorial secara singkat dan lengkap.
4.2.1
Membuat teks editorial sesuai dengan struktur dan kaidah
4.3.1
Menemukan kesalahan teks yang tidak sesuai dengan struktur penulisan teks
editorial.
4.3.2
Menemukan kesalahan teks yang tidak sesuai dengan kaidah penulisan
4.4.1
Membuat ringkasan teks editorial
4.4.2.Mengonversi
teks editorial dengan teks lain (menjadi teks narasi) dengan struktur yang
berbeda
D.
Materi Pembelajaran
Teks editorial/opini (halaman 65)
1.
Fungsi teks editorial/opini
2.
Struktur teks editorial/opini berjudul “Mitigasi Belum Optimal”
a.
Urutan pernyataan pendapat
b.
Argumentasi
c.
Pernyataan ulang pendapat
3.
Ciri kaidah teks editorial/opini
-
Kalimat utama
-
Penggunaan adverbial frekuentatif
-
Konjungsi
-
Verba material, rasional, mental
-
kosakata yang jarang digunakan dalam
keseharian
4.
Isi teks editorial/opini “Mitigasi Belum Optimal”
-
topik
-
masalah
-
tujuan
-
fakta
-
opini/pandangan penulis
-
kalimat utama
5.
Membuat teks editorial/opini bertemakan peristiwa sosial
6.
Menyunting teks editorial/opini bertemakan peristiwa sosial
7.
Ringkasan teks
editorial/opini bertemakan peristiwa social
8.
Mengonversi teks editorial/opini bertemakan peristiwa sosial
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
(6 JP)
Langkah
Pembelajaran
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Peserta didik merespons salam
2.
Peserta didik merespons pertanyaan guru yang
berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya.
3.
Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.
Peserta didik menerima informasi kompetensi,
materi, indikator, manfaat, dan langkah pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
5.
Peserta didik
merespon pertanyaan tentang berbagai hal yang berhubungan dengan teks
editorial/opini
|
10
|
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
1.
Peserta didik membaca teks editorial/opini dengan
cermat dalam buku teks halaman 65.
2. Peserta didik mencermati struktur, ciri kaidah bahasa dalam teks editorial/opini.
Menanya
3.
Peserta didik mengidentifikasi isi teks editorial/opini
untuk menanyakan struktur teks, yaitu
pernyataan pendapat argumentasi pernyataan ulang pendapat.
4.
Menanyakan tentang yang terdapat dalam teks editorial.
5. Menanyakan masalah yang terdapat dalam teks editorial
6. Menanyakan fakta, opini, tujuan, pihak yang dituju
yang terdapat dalam teks editorial
7.
Menanyakan isi teks editorial
secara singkat dan lengkap.
8.
Menanyakan tentang cara memproduksi/menulis.
9.
Menanyakan tentang cara menyunting teks editorial/ opini.
10.
Menanyakan tentang cara menyunting teks editorial/ opini
11. Menanyakan
tentang cara mengabstraksi teks editorial/ opini
Mengumpulkan
Informasi
12.
Peserta didik mengidentifikasi teks editorial/opini
berjudul Mitigasi Belum Optimal dari segi isi, kaidah, struktur teks.
13. mengumpulkan masalah yang terdapat dalam teks editorial
14. Menentukan fakta, opini, tujuan, pihak yang dituju
yang terdapat dalam teks editorial
15.
Menentukan isi teks editorial
secara singkat dan lengkap.
16.
Menentukan tentang cara memproduksi/menulis.
17.
Menentukan tentang cara menyunting teks editorial/ opini.
18.
Menentukan tentang cara mengabstraksi teks editorial/ opini
Mengasosiasi
19.
Peserta didik mengidentifikasi data/informasi sebagai bahan penulisan teks editorial/opini bertema sosial.
20.
Peserta didik merancang teks editorial/opini bertema sosial
dengan memerhatikan struktur teks.
21.
Peserta didik menelaah rancangan teks editorial/opini
sebagai bahan penulisan teks.
22.
Peserta didik secara mandiri untuk menemukan masalah sosial
yang aktual
23.
Peserta didik secara mandiri untuk mengumpulkan bahan-bahan
penulisan teks editorial/opini yang berhubungan dengan peristiwa sosial.
24.
Peserta didik secara mandiri untuk memproduksi teks
editorial/opini yang bertema masalah sosial
25.
Peserta didik mengabstraksi teks editorial/opini yang telah
dibuat
Mengomunikasikan
26.
Peserta didik mempresentasikan hasil produksi teks editorial/ opini
bertema sosial.
27.
Peserta didik lain menanggapi presentasi hasil produksi teks
editorial/ opini bertema sosial.
|
65
|
|
Kegiatan
Penutup
|
1.
Peserta didik
dan guru
menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2.
Peserta didik
dan guru
melakukan penilaian pembelajaran.
3.
Peserta didik saling
memberikan umpan balik hasil penilaian pembelajaran
yang telah dicapai.
4.
Peserta didik
dan guru merefleksi pembelajaran yang telah berlangsung
|
15
|
E.1 Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Pertama (indikator KD 3.1,3.3, 4.1, dan 4.2) (2 JP)
Langkah
Pembelajaran
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Peserta didik merespons salam
2.
Peserta didik merespons pertanyaan guru yang
berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya.
3.
Peserta didik menerima informasi tentang
keterkaitan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.
Peserta didik menerima informasi kompetensi,
materi, indikator, manfaat, dan langkah pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
5.
Peserta didik
merespon pertanyaan tentang berbagai hal yang berhubungan dengan teks
editorial/opini
|
10
|
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
6.
Peserta didik membaca teks editorial/opini dengan
cermat dalam buku teks halaman 65.
7.
Peserta
didik mencermati struktur, ciri kaidah
bahasa dalam teks editorial/opini.
Menanya
8.
Peserta didik mengidentifikasi isi teks editorial/opini
untuk menanyakan struktur teks, yaitu
pernyataan pendapat argumentasi pernyataan ulang pendapat.
9.
Menanyakan tentang yang terdapat dalam teks editorial.
10. Menanyakan masalah yang terdapat dalam teks editorial
11. Menanyakan fakta, opini, tujuan, pihak yang dituju
yang terdapat dalam teks editorial
12.
Menanyakan isi teks editorial
secara singkat dan lengkap.
13.
Menanyakan tentang cara memproduksi/menulis.
Mengumpulkan
Informasi
14.
Peserta didik mengidentifikasi teks editorial/opini
berjudul Mitigasi Belum Optimal dari segi isi, kaidah, struktur teks.
15. mengumpulkan masalah yang terdapat dalam teks editorial
16. Menentukan fakta, opini, tujuan, pihak yang dituju
yang terdapat dalam teks editorial
17.
Menentukan isi teks editorial
secara singkat dan lengkap.
18.
Menentukan tentang cara memproduksi/menulis.
Mengasosiasi
19.
Peserta didik mengidentifikasi data/informasi sebagai bahan penulisan teks editorial/opini bertema sosial.
20.
Peserta didik merancang teks editorial/opini bertema sosial
dengan memerhatikan struktur teks.
21.
Peserta didik menelaah rancangan teks editorial/opini
sebagai bahan penulisan teks.
22.
Peserta didik secara mandiri untuk menemukan masalah sosial
yang actual
23.
Peserta didik secara mandiri untuk mengumpulkan bahan-bahan
penulisan teks editorial/opini yang berhubungan dengan peristiwa sosial.
24.
Peserta didik secara mandiri untuk memproduksi teks
editorial/opini yang bertema masalah social
Mengomunikasikan
25.
Peserta didik mempresentasikan hasil produksi teks editorial/ opini
bertema sosial.
26.
Peserta didik lain menanggapi presentasi hasil produksi
teks editorial/ opini bertema social.
|
65
|
|
Kegiatan
Penutup
|
5.
Peserta didik
dan guru
menyimpulkan materi yang telah dipelajari
6.
Peserta didik
dan guru
melakukan penilaian pembelajaran.
7.
Peserta didik saling
memberikan umpan balik hasil penilaian pembelajaran
yang telah dicapai.
8.
Peserta didik
dan guru merefleksi pembelajaran yang telah berlangsung
|
15
|
F. Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Pertemuan Pertama
a. Penilaian Sikap
1)
Teknik :
pengamatan sikap
2)
Bentuk :
lembar pengamatan
3)
Instrumen
4)
5) No.
|
Nama
Peserta
didik
|
Religius
|
Jujur
|
Responsif
|
Santun
|
Rata-rata
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||||||
….
|
4) Rubrik
Rubrik
|
Skor
|
sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh
dalam melakukan kegiatan
|
1
|
menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan
masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
|
2
|
menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh
dalam melakukan kegiatan yang cukup
sering dan mulai ajeg/konsisten
|
3
|
menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh
dalam melakukan kegiatan secara
terus-menerus dan ajeg/konsisten
|
4
|
b. Penilaian pengetahuan
1.
Teknik : tes tertulis
2.
Bentuk : uraian
3.
Instrumen
Soal 1 :
Bacalah teks berikut. Kemudian
tentukan struktur teks opini/editorial tersebut dengan disertai data yang
mendukung!
Mitigasi Belum Optimal
1. Tanpa kebijakan permanen menghadapi
bencana gunung, penyelamatan morat-marit. Hindari simpang-siur media sosial.
2. Pemerintah terlihat kurang cekatan dalam
menanggulangi dampak erupsi. Seolah-olah tak belajar dari akibat letusan
Sinabung yang morat-marit, dari penyediaan masker sampai pasokan air minum,
selimut, dan obat-obatan, pemerintah terkesan kurang sigap-tanggap.
Terkatung-katungnya sejumlah pengungsi karena pos penampungan mereka ternyata
sudah digunakan pengungsi lain membuktikan manajemen penanggulangan yang serba
dadakan.
3. Operasi tanggap darurat yang dilakukan pemerintah
terkesan sebatas respons reaktif, spontan, dan sporadis. Sudah saatnya kita
memiliki kebijakan permanen yang mampu mengantisipasi dan meminimalkan dampak
bencana, yakni kebijakan yang berangkat dari database pemetaan daerah
rawan letusan gunung berapi. Dibutuhkan operasi dengan persiapan koordinasi
penyelamatan, penyediaan infrastruktur, sampai pelatihan relawan yang dilakukan
secara prabencana.
4. Negara seperti Jepang, yang merupakan langganan
gempa, secara sistemik memiliki program kesiap-siagaan menghadapai bencana.
Mereka menyiapkan teknologi tahan bencana dan membangun system sosial yang
tanggap bencana. Mereka menginginkan masyarakatnya memiliki kultur sadar
bencana yang rasional. Sedangkan dalam alam pikir masyarakat kita, letusan
gunung masih dianggap sesuatu yang insidental, yang walaupun merupakan
malapetaka tetap mengandung “hikmah” tertentu.
5. Kemampuan pemerintah memberikan informasi penting
yang harus dipatuhi masyarakat masih lemah. Akibatnya, banyak korban jatuh yang
sebetulnya bisa dihindari. Erupsi Kelud, misalnya, tak banyak memakan korban
langsung. Korban meninggal dan luka-luka justru karena dampak tak langsung.
Beberapa orang tewas karena keruntuhan atap rumah ketika membersihkan debu yang
menumpuk di bubungan.
6. Tatkala hujan turun, air membuat debu mengeras,
menjadi mirip campuran semen. Atap pun ambruk karena tak kuat menahan beban.
Masih ada kemungkinan korban bertambah akibat masyarakat melanggar zona bahaya.
Dalam radius sepuluh kilometer, masyarakat dilarang masuk karena kemungkinan
datangnya awan panas. Tetapi, dalam kenyataannya, banyak penduduk menerobos
karena menganggap keadaan sudah aman.
7. Kesimpangsiuran informasi hampir selalu terulang
pada setiap bencana. Setelah letusan Kelud, di media sosial ramai dibicarakan
Gunung Bromo-Semeru akan menyusul. Isu palsu ini bisa membuat panik. Erupsi tak
mirip virus influenza. Setiap gunung memiliki aktivitas vulkanis
sendiri-sendiri, tidak bergantung gunung lain.
8. Seyogianya, pemerintah tangkas memberi informasi
yang terangbenderang, yang tingkat akurasinya mampu menyelamatkan masyarakat.
Pada kenyataannya, masyarakat lebih sering mempercayai prediksi dari sumber tak
jelas, misalnya “juru kunci”. Pemerintah, bagaimanapun, harus mampu
menyinergikan deteksi bencana yang bertolak dari ilmu pengetahuan dan
pengalaman lokal.
9. Tugas mitigasi adalah meningkatkan pengetahuan
mayarakat tentang ciri-ciri letusan gunung secara ilmiah. Tugas mitigasi juga
membangun menajemen rasional penanggulangan berbasis masyarakat. Daripada
menghamburkan uang untuk hal-hal tak penting, lebih baik pemerintah mulai
menyiapkan infrastruktur mitigasi yang benar.
Buku
Siswa Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan
Akademik Kelas XII
Kunci
Paragraf 1 adalah pernyataan pendapat
Paragraf 2 – 8 adalah argumentasi
Paragraf 9 adalah pernyataan ulang pendapat
Pedoman Penskoran
No.
|
Aspek dan Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Kelengkapan
a. Struktur
teks lengkap
b.
Struktur
teks hanya dua
c. Struktur
teks hanya
satu
|
3
2
1
|
2.
|
Kesesuaian
a. Data (kalimat) mendukung atau sesuai dengan struktur teks
b. Data (kalimat) hanya
dua yang mendukung atau sesuai
dengan struktur
c. Data (kalimat) hanya satu mendukung atau
sesuai dengan struktur
|
3
2
1
|
Soal 2 :
Buatlah teks editorial/opini yang bertemakan peristiwa sosial!
Pedoman penskoran
No.
|
Kriteria Penilaian
|
Skor
|
1.
|
Isi
a. Lengkap dan terinci
b. Lengkap tetapi kurang terinci
c. Kurang lengkap
dan terinci
d. Kurang lengkap
dan kurang terinci
|
4
3
2
1
|
2.
|
Organisasi
a. Teratur dan
logis
b. Teratur tetapi tidak logis
c. Kurang teratur
dan logis
d. Kurang teratur
dan kurang logis
|
4
3
2
1
|
3.
|
Pilihan kata
a. Tepat dan sesuai
b. Kurang tepat dan sesuai
c.
Tidak tepat dan sesuai
|
3
2
1
|
4.
|
Kalimat
a. Mudah
dipahami
b. Sedikit
sulit dipahami
c.
Sulit dipahami
|
3
2
1
|
5.
|
Ejaan dan tanda baca
a. Tidak ada yang salah
b. Sedikit
yang salah
c.
Banyak yang salah
|
3
2
1
|
c. Remedial
Pemberian bimbingan secara khusus bagi siswa yang
mendapat nilai di bawah KKM
Soal remedial
Siswa ditugaskan menentukan struktur teks editorial/opini
yang lain.
d. Pengayaan
secara mandiri peserta didik ditugaskan mencari dan
menentukan struktur teks editorial/opini yang diminati
G. Media/alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media :
Buku Siswa Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik
2. Alat/Bahan : Teks
berjudul “Mitigasi Belum Sempurna”
halaman 65
H.
Sumber Belajar
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta:
Rajagrafindo
Perkasa.
Maryanto, dkk. 2015. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik
Kelas XII. Jakarta: Kemdikbud
RI
4.3.1 Menemukan kesalahan teks yang tidak sesuai dengan struktur
penulisan teks editorial.
4.3.2 Menemukan kesalahan teks yang tidak sesuai dengan kaidah penulisan
E.2 Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Kedua (indikator KD 3.1,3.3, 4.1, dan 4.3) (2 JP)
Langkah
Pembelajaran
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Peserta didik merespons salam
2.
Peserta didik merespons pertanyaan guru yang
berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya.
3.
Peserta didik menerima informasi tentang
keterkaitan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.
Peserta didik menerima informasi kompetensi,
materi, indikator, manfaat, dan langkah pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
5.
Peserta didik
merespon pertanyaan tentang berbagai hal yang berhubungan dengan teks
editorial/opini
|
10
|
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
1. Peserta
didik saling
bertukar hasil kerja menulis teks
editorial untuk diamati.
Menanya
2.
Peserta didik menanyakan hal-hal diamati dalam teks editorial.
Mengumpulkan
Informasi
3. Peserta
didik mengidentifikasi struktur teks editorial.
4. Peserta
didik mengidentifikasi kaidah kebahasaan teks editorial.
Mengasosiasi
5. Peserta
didik menemukan kebenaran dan kesalahan penulisan teks editorial dari segi
struktur.
6. Peserta
didik menemukan kebenaran dan kesalahan penulisan teks editorial dari segi
kaidah kebahasaan.
Mengomunikasikan
7.
Peserta didik mempresentasikan hasil penilaian terhadap teks editorial
yang ditulis temannya.
8.
Peserta didik lain menanggapi presentasi hasil penilaian
terhadap teks editorial.
|
65
|
|
Kegiatan
Penutup
|
9.
Peserta didik
dan guru
menyimpulkan materi yang telah dipelajari
10.
Peserta didik
dan guru
melakukan penilaian pembelajaran.
11.
Peserta didik saling
memberikan umpan balik hasil penilaian pembelajaran
yang telah dicapai.
12.
Peserta didik
dan guru merefleksi pembelajaran yang telah berlangsung
|
15
|
A. Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Pertemuan Pertama
a. Penilaian Sikap
6)
Teknik :
pengamatan sikap
7)
Bentuk :
lembar pengamatan
8)
Instrumen
9)
10) No.
|
Nama
Peserta
didik
|
Religius
|
Jujur
|
Responsif
|
Santun
|
Rata-rata
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||||||
….
|
4) Rubrik
Rubrik
|
Skor
|
sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh
dalam melakukan kegiatan
|
1
|
menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan
masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
|
2
|
menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh
dalam melakukan kegiatan yang cukup
sering dan mulai ajeg/konsisten
|
3
|
menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh
dalam melakukan kegiatan secara
terus-menerus dan ajeg/konsisten
|
4
|
b. Penilaian pengetahuan
1.
Teknik : tes tertulis
2.
Bentuk : uraian
3.
Instrumen
Soal 2 :
Amati dan temukan kebenaran serta kesalahan teks
editorial dari segi struktur dan kaidah yang
dibuat temanmu!
Pedoman penskoran
No.
|
Kriteria Penilaian
|
Skor
|
1.
|
Struktur
a. Lengkap
b. Hanya
dua
c. Hanya satu
|
3
2
1
|
2.
|
Kaidah
a. Teratur dan
log
b. Teratur tetapi tidak logis
c. Kurang teratur dan
logis
d. Kurang teratur
dan kurang logis
|
4
3
2
1
|
3.
|
Penegasan ulang pendapat
a. Tepat dan sesuai
b. Kurang tepat dan sesuai
c.
Tidak tepat dan sesuai
|
3
2
1
|
4.
|
Kalimat
a. Mudah
dipahami
b. Sedikit
sulit dipahami
c.
Sulit dipahami
|
3
2
1
|
5.
|
Ejaan dan tanda baca
a. Tidak ada yang salah
b. Sedikit
yang salah
c.
Banyak yang salah
|
3
2
1
|
No.
|
Kriteria Penilaian
|
Skor
|
1.
|
Isi
a. Lengkap dan terinci
b. Lengkap tetapi kurang terinci
c. Kurang lengkap
dan terinci
d. Kurang lengkap
dan kurang terinci
|
4
3
2
1
|
2.
|
Organisasi
a. Teratur dan
logis
b. Teratur tetapi tidak logis
c. Kurang teratur dan
logis
d. Kurang teratur
dan kurang logis
|
4
3
2
1
|
3.
|
Pilihan kata
a. Tepat dan sesuai
b. Kurang tepat dan sesuai
c.
Tidak tepat dan sesuai
|
3
2
1
|
4.
|
Kalimat
a. Mudah
dipahami
b. Sedikit
sulit dipahami
c.
Sulit dipahami
|
3
2
1
|
5.
|
Ejaan dan tanda baca
a. Tidak ada yang salah
b. Sedikit
yang salah
c.
Banyak yang salah
|
3
2
1
|
c. Remedial
Pemberian bimbingan secara khusus bagi siswa yang
mendapat nilai di bawah KKM
Soal remedial
Siswa ditugaskan menentukan struktur teks
editorial/opini yang lain.
d. Pengayaan
secara mandiri peserta didik ditugaskan mencari dan
menentukan struktur teks editorial/opini yang diminati
B. Media/alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
3. Media :
Buku Siswa Bahasa Indonesia Ekpresi Diri dan Akademik
4. Alat/Bahan : Teks
berjudul “Mitigasi Belum Sempurna”
halaman 65
C.
Sumber Belajar
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta:
Rajagrafindo Perkasa.
Maryanto, dkk. 2015. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik
Kelas XII. Jakarta: Kemdikbud RI.
Pertemuan
ketiga (2 JP)
Langkah
Pembelajaran
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Peserta didik merespons salam
2.
Peserta didik merespons pertanyaan guru yang
berhubungan dengan pembelajaran
sebelumnya.
3.
Peserta didik menerima informasi tentang
keterkaitan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.
Peserta didik menerima informasi kompetensi,
materi, indikator, manfaat, dan langkah pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
5.
Peserta didik
membentuk
kelompok, masing-masing 4 orang
|
10
|
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
D.
Peserta didik membaca teks editorial/opini dengan
cermat dalam buku teks.
E.
Peserta didik mencermati struktur, cirri kaidah
bahasa dalam teks editorial/opini.
Menanya
F.
Peserta
didik bertanya secara lisan tentang struktur, ciri kaidah bahasa.
G. Peserta
didik lainnya menjawab, menanggapi, atau memberikan komentar.
Mengumpulkan
Informasi
H. Secara
berkelompok peserta didik menganalisis struktur teks editorial yang didapatkan dari media
massa atau media elektronik.
I. Secara
berkelompok peserta didik menganalisis cirri kaidah bahasa yang terdapat
dalam teks editorial/opini
J. Secara
berkelompok peserta didik merumuskan topik teks editorial/opini
K. Secara
berkelompok peserta didik merumuskan masalah teks editorial/ opini
L. Secara
berkelompok peserta didik menemukan kalimat utama tiap paragraf dalam teks
editorial/opini
M. Secara
berkelompok peserta didik menafsirkan tujuan penulis teks editorial/opini
N. Secara
berkelompok peserta didik mengidentifikasi fakta dan opini/pandangan penulis teks editorial/opini
O. Secara
berkelompok peserta didik menafsirkan pihak yang dituju penulis teks
editorial/opini
P. Secara
berkelompok peserta didik menemukan
saran penulis teks editorial/opini
Mengasosiasi
9. Peserta didik secara berkelompok menata struktur teks editorial/opini yang
telah ditemukan dalam diskusi kelompok.
10. Peserta
didik secara berkelompok menyimpulkan ciri kaidah bahasa yang digunakan dalam
teks editorial/opini.
11. Peserta
didik mengolah informasi yang telah ditemukan tentang topik, masalah, kalimat
utama, fakta, opini/pandangan, tujuan, pihak yang dituju, dan saran penulis
teks editorial/opini
Mengomunikasikan
12. Secara
bergantian peserta didik mempresentasikan struktur dan cirri kaidah, isi teks
editorial/opini
13. Kelompok lain menanggapi kelompok yang maju ke depan
|
65
|
|
Kegiatan
Penutup
|
2.
Peserta didik menyimpulkan
materi yang telah dipelajari
3.
Peserta didik melakukan penilaian pembelajaran.
4.
Peserta didik saling
memberikan umpan balik hasil penilaian pembelajaran
yang telah dicapai.
5.
Peserta didik
merefleksi pembelajaran yang telah berlangsung
|
15
|
A.
Penilaian, Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik penilaian
a.
Kompetensi
Sikap:
· observasi
b.
Kompetensi
Pengetahuan:
· tes tertulis
c.
Kompetensi Keterampilan:
· tes praktik
2. Instrumen penilaian
a. Pertemuan pertama
1) Penilaian Sikap
Instrumen Penilaian Observasi
No.
|
Nama
peserta didik
|
Menggunakan
Bahasa Indonesia dalam diskusi sebagai ungkapan rasa syukur.
|
Mengungkapkan
pendapat tentang isi teks editorial/opini dengan jujur
|
Mendengarkan pendapat orang lain dalam diskusi tentang
isi teks editorial/opini dengan serius.
|
Santun
dalam menyanggah pendapat orang lain dalam berdiskusi
|
Nilai
|
1.
|
Abu
|
V
|
v
|
v
|
v
|
SB
|
2.
|
Agus
|
V
|
v
|
v
|
B
|
|
3.
|
Budi
|
V
|
v
|
C
|
||
4.
|
Badri
|
v
|
K
|
2)
Penilaian Pengetahuan
No
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
1.
|
Menentuka struktur
teks
editorial/opini
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Tentukan struktur teks editorial/opini yang telah Anda baca (teks
terlampir)
|
2.
|
Mengidentifikasi kaidah/ciri bahasa teks editorial/opini
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Identifikasilah
kaidah/ciri bahasa yang digunakan dalam teks editorial/opini,
masing-masing beserta contohnya! (teks
terlampir)
|
b.
Pertemuan kedua
1)Penilaian Sikap
Instrumen Penilaian Observasi
No.
|
Nama
peserta didik
|
Menggunakan
Bahasa Indonesia dalam diskusi sebagai ungkapan rasa syukur.
|
Mengungkapkan
pendapat tentang isi teks editorial/opini dengan jujur
|
Mendengarkan pendapat orang lain dalam diskusi tentang
isi teks editorial/opini dengan serius.
|
Santun
dalam menyanggah pendapat orang lain dalam berdiskusi
|
Nilai
|
1.
|
Agus
|
V
|
V
|
v
|
v
|
SB
|
2.
|
Ali
|
V
|
V
|
v
|
B
|
|
3.
|
Budi
|
V
|
V
|
C
|
||
4.
|
Badri
|
v
|
K
|
2)Penilaian Pengetahuan
No
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
1.
|
Menjelaskan
persamaan struktur teks editorial/opini
|
Tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan
persamaan struktur dari dua teks teks editorial/opini yang And abaca! (teks
terlampir)
|
2.
|
Menjelaskan perbedaan struktur teks
editorial/opini
|
Tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan perbedaan struktur dari dua teks
editorial/opini yang And abaca! (teks terlampir)
|
3.
|
Menjelaskan persamaan ciri kaidah bahasa teks
editorial/opini
|
Tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan persamaan ciri kaidah bahasa dari dua teks
editorial/opini yang And abaca! (teks terlampir)
|
4.
|
Menjelaskan perbedaan ciri kaidah
bahasa teks editorial/opini
|
Tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan perbedaan ciri kaidah bahasa
teks editorial/opini dari dua teks yang And abaca! (teks terlampir)
|
c.
Pertemuan ketiga
1)
Penilaian sikap
Instrumen Penilaian Observasi
No.
|
Nama
peserta didik
|
Menggunakan Bahasa Indonesia dalam
diskusi sebagai ungkapan rasa syukur.
|
Mengungkapkan
pendapat tentang isi teks editorial/opini dengan jujur
|
Mendengarkan pendapat orang lain dalam diskusi tentang
isi teks editorial/opini dengan serius.
|
Santun dalam menyanggah pendapat orang
lain dalam berdiskusi
|
Nilai
|
1.
|
Anita
|
v
|
v
|
v
|
v
|
SB
|
2.
|
Bella
|
v
|
v
|
v
|
B
|
|
3.
|
Desi
|
V
|
v
|
C
|
||
4.
|
Elia
|
v
|
K
|
2)
Penilaian Pengetahuan
No
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
1.
|
Menjelaskan struktur teks editorial/opini
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
JelasJan struktur teks editorial/opini yang Anda baca! (teks
terlampir)
|
2.
|
Menemukan kaidah/cirri bahasa teks editorial/opini
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Temukan kaidah/ciri bahasa dalam teks editorial/opini yang Anda baca (teks terlampir)
|
3)
Penilaian Keterampilan
No
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
1.
|
Menentukan topik teks editorial/opini
yang dibaca
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
|
2.
|
Menemukan kalimat utama tiap paragraf
dalam teks editorial/opini
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
|
3.
|
Menjelaskan masalah yang terdapat dalam teks editorial/opini
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
|
4.
|
Menjelaskan fakta
yang terdapat dalam teks editorial/opini
|
Tes tertulis
|
||
5.
|
Menjelaskan opini/pandangan penulis dalam teks editorial/opini
|
|||
6.
|
Menjelaskan
tujuan penulis dalam teks editorial/opini
|
|||
7.
|
Menjelaskan pihak yang dituju dalam teks editorial/opini
|
|||
8
|
Menjelaskan saran yang diungkapkan
dalam teks editorial/opini
|
|||
9.
|
Mengungkapkan isi teks editorial/opini secara singkat dan lengkap.
|
3. Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
4. Kunci dan Pedoman Penskoran
a.
Pengetahuan
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1.
|
b.
Peserta didik menjelaskan struktur teks editorial/opini sangat tepat
|
4
|
c.
Peserta didik menjelaskan struktur teks editorial/opini tepat
|
3
|
|
d.
Peserta didik menjelaskan struktur teks editorial/opini kurang
tepat
|
2
|
|
e.
Peserta didik menjelaskan struktur teks editorial/opini tidak tepat
|
1
|
Soal
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
2.
|
f.
Peserta didik menjelaskan kaidah/cirri bahasa yang digunakan dalam
teks editorial/opini sangat tepat
|
4
|
g.
Peserta didik menjelaskan kaidah/cirri bahasa yang digunakan dalam
teks editorial/opini tepat
|
3
|
|
h.
Peserta didik menjelaskan kaidah/cirri bahasa yang digunakan dalam
teks editorial/opini kurang tepat
|
2
|
|
i.
Peserta didik menjelaskan
kaidah/cirri bahasa yang digunakan dalam teks editorial/opini tidak tepat
|
1
|
Keterangan
Nilai = Perolehan skor
Jumlah soal
Contoh
Nilai = 7 = 3,5 = B+
Nilai = 7 = 3,5 = B+
2
H.
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
5.
Media/Alat
6.
Bahan
7. Sumber Belajar Buku paket guru dan siswa Bahasa Indonesia ekspresi diri, Depdikbud
Mengetahui Surabaya, 3
Januari 2017 Kepala SMA Negeri 11 Surabaya Guru Mata Pelajaran
Dra, Marlina Kusmawati, M.M Dra.
I. Mufidah, M.Pd NIP. 19621122 199103 2 005 NIP 19650927 199202 2
003
0 comments:
Posting Komentar