KEKASIH TERHEBAT

https://www.youtube.com/watch?v=CuCzxDukoU4

Selasa, 14 Maret 2017

RPP Bahasa Indonesia XII

Satuan Pendidikan      : SMA/MA

Kelas                            : XII ( Duabelas )

Kompetensi Inti           :

KI 1:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahandalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3:
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4:
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
Materi  Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1   Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
1.2   Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks ceritasejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
1.3   Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan  informasi lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalamnovel
-

Pembelajaran KD dari KI-1 dan  KI-2 terintegrasi dalam pembelajaran pada KI 3 dan KI4 melalui indirect teaching.


Penilaian KD dari KI-1 dan KI-2 dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian antarteman, dan jurnal (catatan pendidik) tentang
sikap bersyukur, jujur, responsif, santun, tanggung jawab, peduli, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia



2.1   Menunjukkan perilaku jujur, responsif dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia  untuk menyampaikan cerita sejarah tentang tokoh-tokoh nasional dannternasional

2.2   Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan berita
2.3   Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan penjelasan dan ajakan
2.4   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan editorial/opinin tentang konflik sosial, politik, ekonomi, kebijakan publik, dan lingkungan hidup
2.5   Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyajikan cerita fiksi dalam novel
-
4.    TEKS EDITORIAL/OPINI
3.1   Memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
3.3   Menganalisis teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
4.1   Menginterpretasi makna teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik secara lisan maupun tulisan

·   Struktur dan ciri kebahasaan teks editorial/opini


A.  PemodelanTeks
Mengamati
·      Membaca, mengamati gambar atau bertanya  jawab  untuk membangun konteks
·      Membaca teks model teks editorial/opini dengan cermat  utuk melihat strukturnya
·      Membaca  teks  model  untuk  memahami  ciri kebahasaan dalam teks editorial/opini.

Menanya
·      Menanyat tentang fungsi teks editorial/opini
·      Menanya tentang strukturteks editorial/opini.
·      Menanya tentang ciri kebahasaan yang ada dalam teks editorial/opini.
·      Menanya tentang isi teks editorial/opini
·      Membandingkan dua isi teks editorial/opini

Mengumpulkaninformasi
·      Mengidentifikasi strukturteks editorial/opini.
·      Berdiskusi tentang struktur teks editorial/opini
·      Berdiskusi tentang cirikebahasaan teks editorial/opini
·      Berdiskusi tentang isi teks editorial/opini
·      Membandingkan struktur dua teks editorial/opini
·      Menggunakan ciri kebahasaan untuk  kemahiran berbahasa dalam   mendukung pemahaman teks editorial/opinisecara lisan dan tulisan

Menalar/Mengasosiasi
·      Menyimpulkan isi  teks editorial/opini berdasarkan struktur teks untuk mempertajam  pemahaman   tentang  struktur teks editorial/opini

Mengomunikasikan
·      Menyampaikan hasil pemahaman tentang struktur dan ciri kebahasaan teks cerita pendek secara lisan dan tulisan
·      Menyampaikan isi atau menjawab pertanyaan tentang isi teks editorial/opini

Sikap :
Observasi
·   Perilaku bersyukur,jujur, peduli, disiplin, dan santun dalam berbahasa

Pengetahuan:
Tes tertulis/lisan/ penugasan tentang
· Kemampuan   memahami  strukturteks editorial/opini
· Kemampuan memahami  ciri kebahasaan  teks editorial/opini

Keterampilan:
Unjuk  kerja
· Kemampuan menggunakan dan  menyampaikan hasil  pemahaman struktur   dan ciri kebahasaanteks editorial/opini
· Kemampuan memahami isi teks editorial/opini
· Kemampuan membandingkan dua struktur teks editorial/opini





8JP

· Buku Siswa“Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik”, Kelas XII untuk SMA/MA/SMK/MAK, Kemdikbud
· Lingkungan
· Media cetak
· Media elektronik

3.1   Memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
3.2   Membandingkan teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
3.3   Menganalisis teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
4.2   Memproduksi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan

·   Strukturteks editorial/opini
·   Ciri kebahasaan teks editorial/opini

B. Kerja Sama Membangun Teks
Mengamati
·      Membaca  kembali dua model teks editorial/opini untuk memahami  struktur yang membangun teks editorial/opini.
·      Membaca  model  teks untuk  memahami  ciri kebahasaan dalam teks editorial/opini.

Menanya:
·       Menanya tentang  struktur yang membangun teks editorial/opini
·      Menanya tentang ciri kebahasaan dalam teks editorial/opini.
·       Menanya tentang isi teks editorial/opini
·       Menanya tentang perbedaan struktur dua teks editorial/opini

Mengumpulkan informasi
·       Bertanya jawab tentang  unsur yang membangunteks editorial/opini
·       Berdiskusi  tentang  isi teks editorial/opini.
·       Membandingkan struktur dua teks editorial/opini
·      Berdiskusi tentang ciri kebahasaan dalam teks editorial/opini.

Menalar/Mengasosiasi
·       Menguraikan  struktur yang membangunteks editorial/opini untuk  mempertajam  pemahaman
·       Mengidentifikasi perbedaan dua teks editorial/opini
·       Mengidentifikasi ciri kebahasaan dalam teks editorial/opini

Mengomunikasikan
·       Menyampaikan  hasil diskusi tentang unsur yang membangun teks editorial/opini secara lisan
·       Menyampaikan perbedaan struktur dua teks editorial/opini
·       Menyampaikan ciri kebahasaan dalam teks editorial/opini

Sikap :



Observasi
·   Perilaku bersyukur,jujur, peduli, disiplin, dan santun dalam berbahasa

Pengetahuan:
Tes tertulis/lisan/ penugasan tentang
· Kemampuan   memahami  struktur yang membangunteks editorial/opini
· Kemampuan memahami  isi teks editorial/opini
· Kemampuan memahami ciri kebahasaan teks editorial/opini

Keterampilan:
Unjuk  kerja
· Kemampuanmenyampaikan hasil  pemahaman tentang struktur yang membangun teks editorial/opini
· Kemampuan menjelaskan isiteks editorial/opini
· Kemampuan menjelaskan perbedaan struktur teks dua teks editorial/opini


8 JP

· Buku Siswa  “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik”, Kelas XII untuk SMA/MA/SMK/MAK, Kemdikbud
· Lingkungan
· Media cetak
· Media elektronik

3.1   Memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
3.3   Menganalisis teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
4.1   Menginterpretasi makna teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik secara lisan maupun tulisan
4.2   Memproduksi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
4.3   Menyunting teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4   Mengabstraksi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik secara lisan maupun tulisan

·   Mengabstraksi teks editorial/opini
·   Memproduksi teks editorial/opini
·   Menyunting teks editorial/opini
·   Ciri/kaidah kebahasaan teks editorial/opini

C. Penyusunan Teks secara Mandiri
Mengamati
·      Membaca  kembali atau mencari contoh lain teks editorial/opini


Menanya
·      Menanya tentang  isi teks editorial/opini
·      Menanya tentang cara mengabstraksi,memproduksi/menulis, dan menyuntingteks editorial/opini.
·      Memproduksi, menyunting, dan mngabstraksi teks editorial/opini

Mengumpulkan informasi
·      Berdiskusi atau menjawab pertanyaan tentang isi teks editorial/opini
·      Berdiskusi tentang cara memproduksi, mengabstraksi, dan menyuntingteks editorial/opini

Menalar/Mengasosiasi
·      Mengidentifikasi   data/informasi  untuk  memahami isi teks editorial/opini
·      Menyimpulkan tentang cara memproduksi, mengabstraksi, dan menyunting teks editorial/opini.
·      Menelaah kembali  teks  yang telah ditulis  dari aspek struktur yang membangun dan ciri kebahasaan

Mengomunikasikan
·      Menyampaikan cara memproduksi, mengabstraksi, dan menyunting mengonversi teks editorial/opinisecara  lisan 
·      Menanggapi  saran  dari  teman/guru   untuk  perbaikan
·      Menyampaikan abstraksi, produksi, dan hasil penyuntinganteks editorial/opini


Sikap :
Observasi
·   Perilaku bersyukur,jujur, peduli, disiplin, dan santun dalam berbahasa


Pengetahuan:
Tes tertulis/lisan/penugasan tentang
· Kemampuan   memahami cara memproduksi, mengabstraksi, dan menyunting teks editorial/opini


Keterampilan:
Unjuk  kerja
· Kemampuan memproduksi, mengabstraksi, menyunting mengonversi teks editorial/opini



6 JP

· Buku Siswa  “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik”, Kelas XII untuk SMA/MA/SMK/MAK, Kemdikbud
· Lingkungan
· Media cetak
· Media elektronik

5.    TEKS CERITA FIKSI DALAM NOVEL
3.1   Memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
3.3   Menganalisis teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
4.1   Menginterpretasi makna teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik secara lisan maupun tulisan

·   Struktur teks cerita fiksi dalam novel
·   Ciri kebahasaan teks cerita fiksi dalam novel
·   Memahami isi dan makna teks cerita fiksi dalam novel

A.     PemodelanTeks
Mengamati
·      Membaca atau mendengarkan uraian tentang teks cerita fiksi dalam novel
·      Membacateksmodel teks cerita fiksi dalam noveldengancermat  utuk melihat strukturnya dan isinya
·      Membaca  teks  model  untuk  memahami  ciri kebahasaan dalam teks cerita fiksi dalam novel.

Menanya
·      Menanyatentangstruktur teks cerita fiksi dalam novel.
·      Menanya tentang ciri kebahasaan dalam teks cerita fiksi dalam novel.
·      Menanya tentang isi teks cerita fiksi dalam novel

Mengumpulkaninformasi
·      Mengidentifikasi strukturteks cerita fiksi dalam novel.
·      Berdiskusitentangstruktur teks cerita fiksi dalam novel
·      Berdiskusi tentang ciri  kebahasaan teks cerita fiksi dalam novel
·      Berdiskusi tentang isi teks cerita fiksi dalam novel
·      Menggunakan ciri kebahasaanuntuk  kemahiranberbahasadalam   mendukungpemahaman teks cerita fiksi dalam novel secara lisan dan tulisan

Menalar/Mengasosiasi
·      Mengurutkan/melengkapi isi  teks cerita fiksi dalam novel berdasarkan struktur teks untuk mempertajam  pemahaman   tentang  struktur teks cerita fiksi dalam novel
·      Menginterpretasi isi teks cerita fiksi dalam novel

Mengomunikasikan
·      Menyampaikanhasilpemahamantentangstruktur dan ciri kebahasaan teks cerita fiksi dalam novel secaralisandantulisan
·      Menyampaikan isi dan teks cerita fiksi dalam novel


Sikap :
Observasi
·   Perilaku bersyukur,jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam berbahasa

Pengetahuan:
Tes tertulis/lisan/ penugasan tentang
· Kemampuan   memahami  strukturteks cerita fiksi dalam novel
· Kemampuan memahami ciri kebahasaan  dalam teks cerita fiksi dalam novel

Keterampilan:
Unjuk  kerja
· Kemampuan menggunakan dan  menyampaikan hasil  pemahaman terhadap struktur   dan ciri kebahasaanteks cerita fiksi dalam novel
· Kemampuan memahami isi teks cerita fiksi dalam novel





8JP

· Buku Siswa“Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik”, Kelas XII untuk SMA/MA/SMK/MAK, Kemdikbud
· Lingkungan
· Media cetak
· Media elektronik

3.1     Memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
3.2     Membandingkan teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
3.3     Menganalisis teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
3.4     Mengevaluasi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel berdasarkan kaidah-kaidah baik melalui lisan maupun tulisan
4.1     Menginterpretasi makna teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik secara lisan maupun tulisan
4.2     Memproduksi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
4.3     Menyunting teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

·   Struktur yang membangun teks cerita fiksi dalam novel
·   Mengevaluasi teks
·   Membandingkan teks
·   Menyunting teks
·   Menginterpretasi teks

B. Kerja Sama Membangun Teks
Mengamati
·      Membaca  kembali teks cerita fiksi dalam novel untuk memahami struktur, mengevaluasi , membandingkan, dan menyunting struktur teks cerita fiksi dalam novel.

Menanya:
·       Menanya tentang  struktur yang membangun teks cerita fiksi dalam novel
·       Menanya tentang isi teks cerita fiksi dalam novel

Mengumpulkan informasi
·       Bertanya jawab tentang  struktur yang membangunteks cerita fiksi dalam novel
·       Berdiskusi tentang cara mengevaluasi, membandingkan dan menyunting teks cerita fiksi dalam novel
·       Menginterpretasi, mengevaluasi, membandingkan, dan menyunting teks cerita fiksi dalam novel

Menalar/Mengasosiasi
·       Menguraikan  unsur yang membangunteks cerita fiksi dalam novel untuk  mempertajam  pemahaman
·       Membedakan struktur beberapa teks cerita fiksi dalam novel

Mengomunikasikan
·       Menyampaikan  hasil diskusi tentang struktur yang teks cerita fiksi dalam novel secara lisan
·       Menyampaikan hasil evaluasi, membandingkan beberapa teks, menyunting dan menginterpretasi teks


Sikap :
Observasi
·   Perilaku bersyukur,jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam berbahasa

Pengetahuan:
Tes tertulis/lisan/ penugasan tentang
· Kemampuan   memahami struktur yang membangunteks cerita fiksi dalam novel
· Kemampuan memahami  isi teks cerita fiksi dalam novel
· Kemampuan memahami cara mengevaluasi teks, membandingkan teks, menyunting teks dan menginterpretasi teks

Keterampilan:
Unjuk  kerja
· Kemampuanmenyampaikan hasil  pemahaman tentang struktur yang membangun teks cerita fiksi dalam novel
· Kemampuan mengevaluasi teks, membandingkan,beberapa teks, menyunting teks dan menginterpretasi teks


8 JP

· Buku Siswa  “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik”, Kelas XII untuk SMA/MA/SMK/MAK, Kemdikbud
· Lingkungan
· Media cetak
· Media elektronik

3.1   Memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
3.3   Menganalisis teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
4.1   Menginterpretasi makna teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik secara lisan maupun tulisan
4.2   Memproduksi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4   Mengabstraksi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik secara lisan maupun tulisan
4.5   Mengonversi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
·   Mengabstraksi teks cerita fiksi dalam novel
·   Mengonversi teks
·   Memproduksi teks

C. Penyusunan Teks secara Mandiri
Mengamati
·   Membaca  kembali atau mencari contoh lain teks cerita fiksi dalam novel untuk memahami isi, mengabstraksi, mengonversi dan memproduksi teks.

Menanya
·   Menanya tentang  isi teks cerita fiksi dalam novel
·   Menanya tentang cara mengabstraksi, mengonversi, dan memproduksi teks cerita fiksi dalam novel.

Mengumpulkan informasi
·   Berdiskusi atau menjawab pertanyaan tentang isi teks cerita fiksi dalam novel
·   Berdiskusi tentang cara mengabstraksi, mengonversi dan memproduksi teks cerita fiksi dalam novel
·   Mengbstraksi dan mengonversi teks cerita fiksi dalam novel
·   Mengonversi teks cerita fiksi dalam novel
·   Memproduksi teks cerita fiksi dalam novel

Menalar/Mengasosiasi
·   Mengidentifikasi   data/informasi  untuk  menjawab pertanyaan isi teks cerita fiksi dalam novel
·   Menyimpulkan tentang cara mengabstraksi, mengonversi, dan memproduksiteks cerita fiksi dalam novel.
·   Menelaah kembali  teks  yang telah ditulis  dari aspek unsur yang membangun dan ciri kebahasaan
·   Merevisi  teks cerita fiksi dalam novel berdasarkan  hasil  telaahan

Mengomunikasikan
·   Menyampaikan cara mengabstraksi, mengonversi, dan memproduksi/menulis teks cerita fiksi dalam novelsecara  lisan 
·   Menanggapi  saran  dari  teman/guru   untuk  perbaikan
·   Menyampaikan abstraksi, konversi, dan produksi teks cerita fiksi dalam novel


Sikap :
Observasi
·   Perilaku bersyukur,jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam berbahasa


Pengetahuan:
Tes tertulis/lisan/ penugasan tentang
· Kemampuan   memahami cara mengabstraksi, mengonversi dan memproduksiteks cerita fiksi dalam novel


Keterampilan:
Unjuk  kerja
· Kemampuan mengabstraksi, mengonversi dan menulis teks cerita fiksi dalam novel



6 JP

· Buku Siswa  “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik”, Kelas XII untuk SMA/MA/SMK/MAK, Kemdikbud
· Lingkungan
· Media cetak
· Media elektronik

6.    PEMODELAN BERBAGAI JENIS TEKS
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
3.2 Membandingkan teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi makna teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik secara lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
·   Struktur beberapa teks
·   Memahami isi beberapa teks
·   Kaidah kebahasaan beberapa teks

A.  PemodelanTeks
Mengamati
·      Membaca dua teks model teks dengancermat  utuk melihat struktur dan isinya
·      Membaca  dua teks  model  untuk  memahami  ciri kebahasaan dalam masing-masing teks

Menanya
·   Menanya perbedaan struktur dua teks model
·   Menanya perbedaan isi dua teks model

Mengumpulkaninformasi
·   Mengidentifikasi struktur dua teks model
·   Berdiskusitentang perbedaan struktur dan isi dua teks model
·   Mengonversi teks model menjadi jenis teks lainnya
·   Berdiskusi tentang perbedaan struktur dua teks
·   Berdiskusi tentang isi dua teks
·   Mengonversi teks menjadi jenis teks lainnya


Menalar/Mengasosiasi
· Menginterpretasi isi dua teks model
· Menyimpulkan perbedaan struktur dan isi dua teks model
· Menyimpulkan perbedaan struktur dua teks

Mengomunikasikan
·   Menyampaikanhasilpemahamantentang perbedaan struktur dan isi dua teks model


Sikap :
Observasi
Perilaku bersyukur, jujur, peduli, dan santun dalam berbahasa

Pengetahuan:
Tes tertulis
· Kemampuan   memahami  dan membandingkan struktur dan isi beberapa teks


Keterampilan:
Unjuk  kerja
· Kemampuan menggunakan dan  menyampaikan hasil  pemahaman terhadapperbedaan struktur   dan isi beberapa teks
· Kemampuan mengonversi teks
· Kemampuan menulis beberapa teks




8JP

· Buku Siswa“Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik”, Kelas XII untuk SMA/MA/SMK/MAK, Kemdikbud
· Lingkungan
· Media cetak
· Media elektronik

3.1 Memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
3.2 Membandingkan teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi makna teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
·   Struktur beberapa teks
·   Mengonversi teks
·   Membandingkan teks
·   Menginterpretasi teks

B. Kerja Sama Membangun Teks
Mengamati
·      Membaca  jenis teks yang berisi beberapa jenis teks sekaligus

Menanya:
·       Menanya tentang  berbagai struktur yang membangun satu teks yang disajikan

Mengumpulkan informasi
·       Bertanya jawab tentang  struktur yang membangun satu teks yang disajikan

Menalar/Mengasosiasi
·       Menguraikan  beberapa strukturteks yang membangun satu teks yang mempertajam  pemahaman tentang struktur teks
·       Menemukan unsur pendukung sebuah teks

Mengomunikasikan
·       Menyampaikan  hasil diskusi tentang beberapa strukturteks yang membangun satu teks yang disajikan.
·       Menyampaikan unsur pendukung sebuah teks

Sikap :
Observasi
Perilaku bersyukur, jujur, peduli, dan santun dalam berbahasa

Pengetahuan:
Tes tertulis
· Kemampuan   memahami beberapa strukturteks

Keterampilan:
Unjuk  kerja
· Kemampuanmenyampaikan hasil  temuan beberapa struktur teks yang ada dalam satu teks yang disajikan
· Kemampuan membuat teks dengan unsur kebahasaan yang mendukung


8 JP

· Buku Siswa  “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik”, Kelas XII untuk SMA/MA/SMK/MAK, Kemdikbud
· Lingkungan
· Media cetak
· Media elektronik

3.1 Memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
3.2 Membandingkan teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi makna teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
·   Mengapresiasi
·   Mengonversi teks
·   Memproduksi teks


C. Penyusunan Teks secara Mandiri
Mengamati
·   Mengamati gambar atau membaca teks tertentu

Menanya
·   Menanya tentang gambar atau teks yang disajikan
·   Menanya tentang struktur teks yang disajikan

Mengumpulkan informasi
·   Berdiskusi atau menjawab pertanyaan tentang struktur teks yang disajikan
·   Berdiskusi tentang cara mengonversi teks menjadi teks lainnya
·   Mengonversi teks
·   Memproduksi teks tertentu

Menalar/Mengasosiasi
·   Menyimpulkan perbedaan struktur teks yang disajikan

Mengomunikasikan
·   Menyampaikan perbedaan struktur dua teks
·   Menyampaikan hasil mengonversi teks
·   Menyampaikan teks yang diproduksi
·   Menanggapi  saran  dari  teman/guru   untuk  perbaikan

Sikap :
Observasi
Perilaku bersyukur, jujur, peduli, dan santun dalam berbahasa

Pengetahuan:
Tes tertulis
· Kemampuan   mengapresiasi, mengonversi dan memproduksi teks


Keterampilan:
Unjuk  kerja
· Kemampuan mengapresiasi, mengonversi dan memproduksi teks



6 JP

· Buku Siswa  “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik”, Kelas XII untuk SMA/MA/SMK/MAK, Kemdikbud
· Lingkungan
· Media cetak
· Media elektronik



               Mengetahui,                                                                                                                                                                                                     Surabaya, 3 Januari 2017        
    Kepala SMA N 11 Surabaya                                                                                                                                                                                        Guru Mata Pelajaran




   Dra. Marlina Kusmawati, M.M                                                                                                                                                                                                Dra. I. Mufidah, M.Pd
    Nip. 19621122 199103 2 005                                                                                                                                                                                   Nip. 19650927 199202 2 003


0 comments:

Posting Komentar