Kelas : XII ( Duabelas )
Kompetensi Inti :
KI 1:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahandalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4:
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan
bangsa
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
dan menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan
tulis melalui teks ceritasejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita
fiksi dalam novel
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan
menyajikan informasi lisan dan tulis
melalui teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi
dalamnovel
|
-
|
Pembelajaran KD dari KI-1 dan KI-2
terintegrasi dalam pembelajaran pada KI 3 dan KI4 melalui indirect teaching.
|
Penilaian KD
dari KI-1 dan KI-2 dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian
antarteman, dan jurnal (catatan pendidik) tentang
sikap bersyukur,
jujur, responsif, santun, tanggung jawab, peduli, dan disiplin dalam
menggunakan bahasa Indonesia
|
||
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, responsif dan
santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menyampaikan
cerita sejarah tentang tokoh-tokoh nasional dannternasional
2.2 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia
untuk memahami dan menyampaikan
berita
2.3 Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab,
dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia
untuk memahami dan menyampaikan
penjelasan dan ajakan
2.4 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam
menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan editorial/opinin tentang
konflik sosial, politik, ekonomi, kebijakan publik, dan lingkungan hidup
2.5 Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab
dalam penggunaan bahasa Indonesia
untuk memahami dan menyajikan cerita fiksi dalam novel
|
-
|
4. TEKS EDITORIAL/OPINI
|
|||||
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun
tulisan
3.3 Menganalisis teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini,
dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi
makna teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi
dalam novel baik secara lisan maupun tulisan
|
· Struktur dan ciri
kebahasaan teks editorial/opini
|
A.
PemodelanTeks
Mengamati
·
Membaca,
mengamati gambar atau bertanya jawab
untuk membangun konteks
·
Membaca teks model teks editorial/opini
dengan cermat utuk melihat strukturnya
·
Membaca teks
model untuk memahami
ciri kebahasaan
dalam teks editorial/opini.
Menanya
·
Menanyat tentang fungsi teks
editorial/opini
·
Menanya tentang strukturteks
editorial/opini.
·
Menanya
tentang ciri
kebahasaan yang ada dalam teks
editorial/opini.
·
Menanya
tentang isi teks editorial/opini
·
Membandingkan dua isi teks editorial/opini
Mengumpulkaninformasi
·
Mengidentifikasi
strukturteks editorial/opini.
·
Berdiskusi tentang struktur teks editorial/opini
·
Berdiskusi
tentang cirikebahasaan
teks editorial/opini
·
Berdiskusi
tentang isi teks editorial/opini
·
Membandingkan struktur dua teks editorial/opini
·
Menggunakan ciri kebahasaan untuk kemahiran berbahasa dalam mendukung
pemahaman teks editorial/opinisecara
lisan dan tulisan
Menalar/Mengasosiasi
·
Menyimpulkan
isi teks editorial/opini berdasarkan
struktur teks untuk mempertajam
pemahaman tentang struktur teks editorial/opini
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil pemahaman tentang struktur dan ciri
kebahasaan teks cerita pendek secara lisan dan tulisan
·
Menyampaikan
isi atau menjawab pertanyaan tentang isi teks editorial/opini
|
Sikap
:
Observasi
·
Perilaku
bersyukur,jujur, peduli, disiplin, dan santun
dalam berbahasa
Pengetahuan:
Tes
tertulis/lisan/ penugasan tentang
·
Kemampuan memahami
strukturteks editorial/opini
·
Kemampuan
memahami ciri kebahasaan teks editorial/opini
Keterampilan:
Unjuk kerja
·
Kemampuan
menggunakan dan menyampaikan
hasil pemahaman struktur dan ciri kebahasaanteks
editorial/opini
·
Kemampuan
memahami isi teks editorial/opini
·
Kemampuan membandingkan dua struktur teks
editorial/opini
|
8JP
|
·
Buku
Siswa“Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik”, Kelas XII untuk
SMA/MA/SMK/MAK, Kemdikbud
·
Lingkungan
·
Media
cetak
·
Media
elektronik
|
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun
tulisan
3.2 Membandingkan teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun
tulisan
3.3 Menganalisis teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini,
dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini,
dan cerita fiksi dalam novel yang koheren sesuai dengan karakteristik teks
baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Strukturteks
editorial/opini
·
Ciri kebahasaan teks editorial/opini
|
B.
Kerja Sama Membangun Teks
Mengamati
·
Membaca kembali dua model
teks
editorial/opini untuk memahami struktur
yang membangun teks editorial/opini.
·
Membaca model
teks untuk memahami
ciri kebahasaan
dalam teks editorial/opini.
Menanya:
·
Menanya
tentang struktur yang membangun teks
editorial/opini
·
Menanya tentang ciri kebahasaan dalam teks
editorial/opini.
·
Menanya
tentang isi teks editorial/opini
·
Menanya tentang perbedaan struktur dua teks
editorial/opini
Mengumpulkan
informasi
·
Bertanya
jawab tentang unsur yang membangunteks
editorial/opini
·
Berdiskusi tentang
isi teks editorial/opini.
·
Membandingkan struktur dua teks editorial/opini
·
Berdiskusi tentang ciri kebahasaan dalam teks
editorial/opini.
Menalar/Mengasosiasi
·
Menguraikan struktur yang membangunteks
editorial/opini untuk mempertajam pemahaman
·
Mengidentifikasi
perbedaan dua teks editorial/opini
·
Mengidentifikasi ciri kebahasaan dalam teks
editorial/opini
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang unsur yang membangun
teks editorial/opini secara lisan
·
Menyampaikan
perbedaan struktur dua teks editorial/opini
·
Menyampaikan ciri kebahasaan dalam teks
editorial/opini
|
Sikap
:
Observasi
·
Perilaku
bersyukur,jujur, peduli, disiplin, dan santun
dalam berbahasa
Pengetahuan:
Tes
tertulis/lisan/ penugasan tentang
·
Kemampuan memahami
struktur
yang membangunteks editorial/opini
·
Kemampuan
memahami isi teks editorial/opini
·
Kemampuan
memahami ciri kebahasaan teks editorial/opini
Keterampilan:
Unjuk kerja
·
Kemampuanmenyampaikan
hasil pemahaman tentang struktur
yang membangun teks editorial/opini
·
Kemampuan
menjelaskan isiteks editorial/opini
·
Kemampuan
menjelaskan perbedaan struktur teks dua teks editorial/opini
|
8
JP
|
·
Buku
Siswa “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri
dan Akademik”, Kelas XII untuk SMA/MA/SMK/MAK, Kemdikbud
·
Lingkungan
·
Media
cetak
·
Media
elektronik
|
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun
tulisan
3.3 Menganalisis teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini,
dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi
makna teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi
dalam novel baik secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini,
dan cerita fiksi dalam novel yang koheren sesuai dengan karakteristik teks
baik secara lisan maupun tulisan
4.3 Menyunting teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini,
dan cerita fiksi dalam novel sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik secara lisan maupun
tulisan
|
·
Mengabstraksi
teks editorial/opini
·
Memproduksi teks editorial/opini
·
Menyunting teks editorial/opini
·
Ciri/kaidah
kebahasaan teks editorial/opini
|
C. Penyusunan Teks
secara Mandiri
Mengamati
·
Membaca kembali atau mencari contoh lain teks
editorial/opini
Menanya
·
Menanya
tentang isi teks editorial/opini
·
Menanya
tentang cara mengabstraksi,memproduksi/menulis, dan
menyuntingteks
editorial/opini.
·
Memproduksi,
menyunting, dan mngabstraksi teks editorial/opini
Mengumpulkan
informasi
·
Berdiskusi
atau menjawab pertanyaan tentang isi teks editorial/opini
·
Berdiskusi
tentang cara memproduksi, mengabstraksi,
dan menyuntingteks
editorial/opini
Menalar/Mengasosiasi
·
Mengidentifikasi data/informasi untuk
memahami
isi teks editorial/opini
·
Menyimpulkan
tentang cara memproduksi, mengabstraksi,
dan menyunting teks
editorial/opini.
·
Menelaah
kembali teks yang telah ditulis dari aspek
struktur yang
membangun dan ciri
kebahasaan
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan
cara memproduksi, mengabstraksi,
dan menyunting mengonversi
teks editorial/opinisecara lisan
·
Menanggapi saran
dari teman/guru untuk
perbaikan
·
Menyampaikan
abstraksi,
produksi, dan hasil penyuntinganteks editorial/opini
|
Sikap
:
Observasi
·
Perilaku
bersyukur,jujur, peduli, disiplin, dan santun
dalam berbahasa
Pengetahuan:
Tes
tertulis/lisan/penugasan tentang
·
Kemampuan memahami cara memproduksi,
mengabstraksi, dan menyunting teks
editorial/opini
Keterampilan:
Unjuk kerja
·
Kemampuan
memproduksi, mengabstraksi,
menyunting mengonversi
teks editorial/opini
|
6
JP
|
·
Buku
Siswa “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri
dan Akademik”, Kelas XII untuk SMA/MA/SMK/MAK, Kemdikbud
·
Lingkungan
·
Media
cetak
·
Media
elektronik
|
5. TEKS CERITA FIKSI DALAM NOVEL
|
|||||
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun
tulisan
3.3 Menganalisis teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini,
dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi
makna teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi
dalam novel baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Struktur
teks cerita fiksi dalam novel
· Ciri kebahasaan
teks cerita fiksi dalam novel
· Memahami isi dan makna teks
cerita fiksi dalam novel
|
A.
PemodelanTeks
Mengamati
·
Membaca
atau mendengarkan uraian tentang teks cerita fiksi dalam novel
·
Membacateksmodel teks cerita fiksi dalam noveldengancermat utuk melihat strukturnya dan isinya
·
Membaca teks
model untuk memahami
ciri kebahasaan
dalam teks cerita fiksi dalam novel.
Menanya
·
Menanyatentangstruktur teks cerita fiksi dalam novel.
·
Menanya
tentang ciri
kebahasaan dalam teks cerita fiksi dalam novel.
·
Menanya
tentang isi teks cerita fiksi dalam novel
Mengumpulkaninformasi
·
Mengidentifikasi strukturteks
cerita fiksi dalam novel.
·
Berdiskusitentangstruktur teks cerita fiksi dalam
novel
·
Berdiskusi
tentang ciri kebahasaan teks cerita fiksi dalam novel
·
Berdiskusi
tentang isi teks cerita fiksi dalam novel
·
Menggunakan ciri kebahasaanuntuk kemahiranberbahasadalam mendukungpemahaman
teks cerita fiksi dalam novel
secara lisan dan tulisan
Menalar/Mengasosiasi
·
Mengurutkan/melengkapi
isi teks cerita fiksi dalam novel
berdasarkan struktur teks untuk mempertajam
pemahaman tentang struktur teks cerita fiksi dalam novel
·
Menginterpretasi isi teks cerita fiksi dalam novel
Mengomunikasikan
·
Menyampaikanhasilpemahamantentangstruktur dan ciri
kebahasaan teks cerita fiksi dalam novel secaralisandantulisan
·
Menyampaikan
isi dan teks cerita fiksi dalam novel
|
Sikap
:
Observasi
·
Perilaku
bersyukur,jujur, peduli, santun, dan tanggung
jawab dalam berbahasa
Pengetahuan:
Tes
tertulis/lisan/ penugasan tentang
·
Kemampuan memahami
strukturteks cerita fiksi dalam novel
·
Kemampuan
memahami ciri
kebahasaan dalam teks cerita fiksi
dalam novel
Keterampilan:
Unjuk kerja
·
Kemampuan
menggunakan dan menyampaikan
hasil pemahaman terhadap
struktur dan ciri kebahasaanteks cerita fiksi
dalam novel
·
Kemampuan
memahami isi teks cerita fiksi dalam novel
|
8JP
|
·
Buku
Siswa“Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik”, Kelas XII untuk
SMA/MA/SMK/MAK, Kemdikbud
·
Lingkungan
·
Media
cetak
·
Media
elektronik
|
3.1
Memahami struktur dan kaidah teks
cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
baik melalui lisan maupun tulisan
3.2
Membandingkan teks cerita sejarah,
berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui
lisan maupun tulisan
3.3
Menganalisis teks cerita sejarah,
berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui
lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi
teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam
novel berdasarkan kaidah-kaidah
baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi
makna teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi
dalam novel baik secara lisan maupun tulisan
4.2
Memproduksi teks cerita sejarah,
berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel yang koheren
sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
4.3
Menyunting teks cerita sejarah,
berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
·
Struktur yang membangun teks cerita fiksi dalam
novel
·
Mengevaluasi teks
·
Membandingkan teks
·
Menyunting teks
·
Menginterpretasi teks
|
B.
Kerja Sama Membangun Teks
Mengamati
·
Membaca kembali teks cerita fiksi dalam novel untuk
memahami struktur, mengevaluasi , membandingkan, dan
menyunting struktur
teks cerita fiksi dalam novel.
Menanya:
·
Menanya
tentang struktur yang membangun teks cerita
fiksi dalam novel
·
Menanya
tentang isi teks cerita fiksi dalam novel
Mengumpulkan
informasi
·
Bertanya
jawab tentang struktur yang membangunteks cerita
fiksi dalam novel
·
Berdiskusi tentang cara mengevaluasi, membandingkan
dan menyunting teks cerita fiksi dalam novel
·
Menginterpretasi, mengevaluasi, membandingkan, dan menyunting teks cerita fiksi dalam novel
Menalar/Mengasosiasi
·
Menguraikan unsur yang membangunteks cerita fiksi dalam
novel untuk mempertajam pemahaman
·
Membedakan struktur beberapa teks cerita fiksi dalam novel
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang struktur
yang teks cerita fiksi dalam novel secara lisan
·
Menyampaikan
hasil evaluasi, membandingkan beberapa teks, menyunting
dan menginterpretasi teks
|
Sikap
:
Observasi
·
Perilaku
bersyukur,jujur, peduli, santun, dan tanggung
jawab dalam berbahasa
Pengetahuan:
Tes
tertulis/lisan/ penugasan tentang
·
Kemampuan memahami struktur yang membangunteks cerita
fiksi dalam novel
·
Kemampuan
memahami isi teks cerita fiksi dalam
novel
·
Kemampuan
memahami cara mengevaluasi teks, membandingkan teks,
menyunting teks dan menginterpretasi teks
Keterampilan:
Unjuk kerja
·
Kemampuanmenyampaikan
hasil pemahaman tentang struktur
yang membangun teks cerita fiksi dalam novel
·
Kemampuan
mengevaluasi teks, membandingkan,beberapa teks,
menyunting teks dan menginterpretasi teks
|
8
JP
|
·
Buku
Siswa “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri
dan Akademik”, Kelas XII untuk SMA/MA/SMK/MAK, Kemdikbud
·
Lingkungan
·
Media
cetak
·
Media
elektronik
|
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah, berita, iklan,
editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun
tulisan
3.3 Menganalisis teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini,
dan cerita fiksi dalam novel baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi
makna teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi
dalam novel baik secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini,
dan cerita fiksi dalam novel yang koheren sesuai dengan karakteristik teks
baik secara lisan maupun tulisan
4.4 Mengabstraksi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini,
dan cerita fiksi dalam novel baik secara lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini,
dan cerita fiksi dalam novel ke dalam bentuk
yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
·
Mengabstraksi
teks cerita fiksi dalam novel
·
Mengonversi teks
·
Memproduksi teks
|
C. Penyusunan Teks
secara Mandiri
Mengamati
·
Membaca kembali atau mencari contoh lain teks
cerita fiksi dalam novel untuk memahami isi, mengabstraksi, mengonversi dan
memproduksi teks.
Menanya
·
Menanya
tentang isi teks cerita fiksi dalam
novel
·
Menanya
tentang cara mengabstraksi, mengonversi,
dan memproduksi teks cerita fiksi dalam novel.
Mengumpulkan
informasi
·
Berdiskusi
atau menjawab pertanyaan tentang isi teks cerita fiksi dalam novel
·
Berdiskusi
tentang cara mengabstraksi, mengonversi
dan memproduksi teks cerita fiksi dalam novel
·
Mengbstraksi dan mengonversi
teks cerita fiksi dalam novel
·
Mengonversi teks cerita fiksi dalam novel
·
Memproduksi teks cerita fiksi dalam novel
Menalar/Mengasosiasi
·
Mengidentifikasi data/informasi untuk
menjawab pertanyaan isi teks cerita fiksi dalam novel
·
Menyimpulkan
tentang cara mengabstraksi, mengonversi, dan memproduksiteks cerita fiksi dalam
novel.
·
Menelaah
kembali teks yang telah ditulis dari aspek unsur yang membangun dan ciri kebahasaan
·
Merevisi teks cerita fiksi dalam novel
berdasarkan hasil telaahan
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan
cara mengabstraksi, mengonversi, dan memproduksi/menulis teks cerita fiksi
dalam novelsecara lisan
·
Menanggapi saran
dari teman/guru untuk
perbaikan
·
Menyampaikan
abstraksi, konversi, dan produksi teks cerita fiksi dalam novel
|
Sikap
:
Observasi
·
Perilaku
bersyukur,jujur, peduli, santun, dan tanggung
jawab dalam berbahasa
Pengetahuan:
Tes
tertulis/lisan/ penugasan tentang
·
Kemampuan memahami cara mengabstraksi, mengonversi
dan memproduksiteks
cerita fiksi dalam novel
Keterampilan:
Unjuk kerja
·
Kemampuan
mengabstraksi,
mengonversi dan menulis teks cerita fiksi dalam novel
|
6
JP
|
·
Buku
Siswa “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri
dan Akademik”, Kelas XII untuk SMA/MA/SMK/MAK, Kemdikbud
·
Lingkungan
·
Media
cetak
·
Media
elektronik
|
6. PEMODELAN BERBAGAI JENIS TEKS
|
|||||
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks
cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
baik melalui lisan maupun tulisan
3.2 Membandingkan teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik
melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik
melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi makna teks cerita sejarah, berita,
iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik secara lisan maupun
tulisan
4.5 Mengonversi teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel ke
dalam bentuk yang lain sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Struktur
beberapa teks
· Memahami isi beberapa teks
· Kaidah kebahasaan beberapa
teks
|
A.
PemodelanTeks
Mengamati
·
Membaca dua teks model teks dengancermat utuk melihat struktur dan isinya
·
Membaca dua teks model
untuk memahami ciri kebahasaan dalam
masing-masing teks
Menanya
·
Menanya perbedaan struktur dua
teks model
·
Menanya perbedaan isi dua teks model
Mengumpulkaninformasi
·
Mengidentifikasi struktur dua teks model
·
Berdiskusitentang perbedaan struktur dan isi dua
teks model
·
Mengonversi teks model menjadi jenis teks lainnya
·
Berdiskusi tentang perbedaan struktur dua teks
·
Berdiskusi
tentang isi dua teks
·
Mengonversi
teks menjadi jenis teks lainnya
Menalar/Mengasosiasi
·
Menginterpretasi isi dua teks model
·
Menyimpulkan perbedaan struktur dan isi dua teks model
·
Menyimpulkan perbedaan
struktur dua teks
Mengomunikasikan
·
Menyampaikanhasilpemahamantentang perbedaan struktur dan isi dua teks model
|
Sikap
:
Observasi
Perilaku
bersyukur, jujur, peduli, dan santun dalam berbahasa
Pengetahuan:
Tes
tertulis
·
Kemampuan memahami
dan membandingkan struktur dan
isi beberapa
teks
Keterampilan:
Unjuk kerja
·
Kemampuan
menggunakan dan menyampaikan
hasil pemahaman terhadapperbedaan struktur dan isi beberapa teks
·
Kemampuan mengonversi teks
·
Kemampuan menulis beberapa teks
|
8JP
|
·
Buku
Siswa“Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik”, Kelas XII untuk
SMA/MA/SMK/MAK, Kemdikbud
·
Lingkungan
·
Media
cetak
·
Media
elektronik
|
3.1 Memahami struktur dan kaidah
teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam
novel baik melalui lisan maupun tulisan
3.2 Membandingkan teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik
melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik melalui
lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi makna teks cerita sejarah, berita,
iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik secara lisan maupun
tulisan
4.2 Memproduksi teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel yang
koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Struktur beberapa
teks
·
Mengonversi teks
·
Membandingkan teks
·
Menginterpretasi teks
|
B.
Kerja Sama Membangun Teks
Mengamati
·
Membaca jenis teks yang berisi
beberapa jenis teks sekaligus
Menanya:
·
Menanya
tentang berbagai
struktur yang
membangun satu teks yang disajikan
Mengumpulkan
informasi
·
Bertanya
jawab tentang struktur yang membangun satu teks
yang disajikan
Menalar/Mengasosiasi
·
Menguraikan beberapa strukturteks yang membangun satu teks
yang mempertajam pemahaman tentang
struktur teks
·
Menemukan unsur pendukung sebuah teks
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang beberapa strukturteks yang
membangun satu teks
yang disajikan.
·
Menyampaikan
unsur pendukung sebuah teks
|
Sikap
:
Observasi
Perilaku
bersyukur, jujur, peduli, dan santun dalam berbahasa
Pengetahuan:
Tes
tertulis
·
Kemampuan memahami beberapa
strukturteks
Keterampilan:
Unjuk kerja
·
Kemampuanmenyampaikan
hasil temuan
beberapa struktur teks yang ada dalam satu teks yang disajikan
·
Kemampuan
membuat teks dengan
unsur kebahasaan yang mendukung
|
8
JP
|
·
Buku
Siswa “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri
dan Akademik”, Kelas XII untuk SMA/MA/SMK/MAK, Kemdikbud
·
Lingkungan
·
Media
cetak
·
Media
elektronik
|
3.1 Memahami struktur dan kaidah
teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam
novel baik melalui lisan maupun tulisan
3.2 Membandingkan teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik
melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik
melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi makna teks cerita sejarah, berita,
iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik secara lisan maupun
tulisan
4.2 Memproduksi teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel yang
koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel ke
dalam bentuk yang lain sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Mengapresiasi
·
Mengonversi teks
·
Memproduksi
teks
|
C. Penyusunan Teks
secara Mandiri
Mengamati
·
Mengamati gambar atau membaca teks tertentu
Menanya
·
Menanya tentang gambar atau teks yang disajikan
·
Menanya tentang struktur teks yang disajikan
Mengumpulkan
informasi
·
Berdiskusi
atau menjawab pertanyaan tentang struktur teks yang disajikan
·
Berdiskusi
tentang cara mengonversi teks menjadi
teks lainnya
·
Mengonversi
teks
·
Memproduksi
teks tertentu
Menalar/Mengasosiasi
·
Menyimpulkan
perbedaan struktur teks yang disajikan
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan
perbedaan struktur dua teks
·
Menyampaikan hasil
mengonversi teks
·
Menyampaikan
teks yang diproduksi
·
Menanggapi saran
dari teman/guru untuk
perbaikan
|
Sikap
:
Observasi
Perilaku
bersyukur, jujur, peduli, dan santun dalam berbahasa
Pengetahuan:
Tes
tertulis
·
Kemampuan mengapresiasi, mengonversi dan memproduksi teks
Keterampilan:
Unjuk kerja
·
Kemampuan
mengapresiasi, mengonversi dan memproduksi teks
|
6
JP
|
·
Buku
Siswa “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri
dan Akademik”, Kelas XII untuk SMA/MA/SMK/MAK, Kemdikbud
·
Lingkungan
·
Media
cetak
·
Media
elektronik
|
Mengetahui,
Surabaya, 3 Januari 2017
Kepala SMA N 11 Surabaya
Guru Mata Pelajaran
Dra. Marlina Kusmawati, M.M
Dra. I. Mufidah, M.Pd
Nip. 19621122 199103 2 005
Nip. 19650927 199202 2 003
0 comments:
Posting Komentar