RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Memahami Informasi Secara Langsung)
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester : XII/6
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (2 pertemuan)
STANDAR KOMPETENSI
Mendengarkan
9. Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan
KOMPETENSI DASAR
9.2 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui radio/televisi
A.Indikator
1. Kognitif:
a. Produk:
• Menyimak informasi yang disampaikan secara langsung.
• Mengidentifikasi masalah informasi yang disampaikan secara langsung.
• Mendiskusikan pokok masalah dengan kelompok kecil
• Memberikan saran yang disertai data penunjang
• Mempresentasikan tanggapan yang berisi saran
• Menanggapi presentasi kelompok lain
• Memberikan saran, kritik, terhadap hasil presentasi teman secara lisan
• Menuliskan ringkasan saran, informasi yang disimak
• Menganalis hasil pekerjaan teman
• Memberikan kritik dan saran terhadap hasil ringkasan pendapat teman
• Memberikan penilaian terhadap hasil pekerjaan teman sesuai dengan kriteria
penilaian yang ditetapkan
b. Proses:
● Melaksanakan kegiatan :
• Menyimak
• Mengidentifikasi
• Mencatat
• Mempresentasikan
• Menuliskan
• Menganalisis
• Mengkritik
• Menilai
• Menyimpulkan
2. Psikomotor:
a. Menyimak informasi secara langsung
b. Memresentasikan hasil simakannya
c. Menuliskan ringkasan informasi yang disimak
3. Afektif:
a. Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja
teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun
b. Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar
yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain
B. Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif
a. Produk:
• Disajikan rekaman suatu peristiwa ( cuplikan film narkoba), siswa dapat
menyimak dengan cermat film tersebut.
• Dikondisikan suasana yang tenang, siswa dapat mengidentifikasi masalah
dengan tepat.
• Diberikan penugasan secara berkelompok, siswa dapat mendiskusikan pokok
masalah dalam film itu.
• Diberikan penugasan secara berkelompok, siswa dapat memberikan saran yang
disertai data penunjang yang tepat.
• Diberikan penugasan secara berkelompok, siswa dapat mempresentasikan hasil
kerja kelompoknya dengan tepat.
• Dikondisikan suasana diskusi kelas , siswa dapat menanggapi presentasi
kelompok lain dengan penuh tenggang rasa.
• Diberikan penugasan secara mandiri, siswa dapat menuliskan saran atas
permasalahan dalam film itu dengan menggunakan data penunjang dan bahasa baku.
• Diberikan kesempatan, siswa dapat menganisa, memberi kritik, dan saran hasil
tugas mandiri teman berdasarkan ketentuan yang disepakati.
• Diberikan kriteria penilaian, siswa dapat memberi nilai hasil tugas mandiri
teman dengan jujur dan cermat.
b. Proses
Disediakan seperangkat alat pendukung dan daftar penugasan yang ditentukan
dalam LKS, siswa dapat:
• Menyimak rekaman peristiwa (cuplikan film narkoba) dengan sungguh-sungguh
• Mengerjakan daftar tugas siswa dengan benar
• Mengerjakan tugas dalam lembar kerja siswa
• Memberi penilaian tugas siswa sesuai format penilaian dengan objektif.
Siswa dapat menyimak, mengidentifikasi, presentasi, menulis, menganalis, dan
memberikan saran terhadap rekaman peristiwa (cuplikan film narkoba) secara tepat.
2. Psikomotor
Disediakan seperangkat alat dan bahan simakan sesuai dengan rincian tugas yang
ditentukan di LKS meliputi:
• Identifikasi pokok permasalahan
• Kritik atau saran dengan data penunjang
• Menulis kritik atau saran dengan data penunjang
3. Afektif:
• Terlibat aktif dalam pembelajaran dan menunjukkan karakter berpikir kreatif,
kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan berperilaku santun sesuai LP:
pengamatan perilaku berkarakter.
• Bekerjasama dalam kegiatan praktik dan aktif menyampaikan pendapat, menjadi
pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain dalam diskusi sesuai
LP: Ketrampilan sosial.
C. Materi Pembelajaran
Rekaman cuplikan film narkoba
D. Metode Pembelajaran :
Metode pembelajara langsung model kooperatif tipe STAD
Pembelajaran langsung yang ditunjukkan dengan sintaks-sintaks sebagai berikut:
1. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
2. Menyajikan / menyampaikan informasi
3. Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar
4. Membimbing kelompok belajar dan belajar
5. Evaluasi
6. Memberikan penghargaan
Model pembelajaran yang digunakan adalah Penugasan, Kerja kelompok, Diskusi, Tanya Jawab, dan Demostrasi.
E. Sumber Belajar :
Kosasi, E. 2007. Ringkasan Materi Bahasa Indonesia. Bandung: CV Yrama Widya
Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC
Teeuw, A. 1982. Khazanah Sastra Indonesia. Jakarta: PN. Balai Pustaka.
——-. 1983. Membaca dan Menilai Sastra. Jakarta: PT. Gramedia
——-. 1984. Sastra dan Ilmu Sastra Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya
Tim Edukatif. 2006. Kompeten Berbahasa Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : Erlangga
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Wellek, R. dan Waren, A. 1993. Teori Kesusastraan. Diindonesiakan oleh Melani Budianta. Jakarta: Gramedia.
F. Alat/Bahan
• Komputer
• LCD
• CD cuplikan film narkoba
Media Pembelajaran:
• Power Poin Membuat Ringkasan
• Lembar Penilaian
• Lembar hasil diskusi siswa
G. Kegiatan Belajar Mengajar
Pertemuan I
No Aktivitas Pembelajaran Penilaian
1 2 3 4
A Pendahuluan (10 menit)
1 Motivasi dan Apersepsi:
Pengecekan
Guru melakukan pengecekan ruang belajar siswa, media yang dibutuhkan, dan laboratorium bahasa tempat berlangsungnya pembelajaran. (contoh nilai yang ditanamkan: tanggung jawab). (Sintaks 1)
2 Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran: kognitif (produk, proses); psikomotorik; dan afektif (keterampilan sosial dan perilaku berkarakter).
Guru memberi contoh ringkasan informasi (Sintaks 1)
B Kegiatan Inti (70 menit)
1 Guru membagi 7 (tujuh ) kelompok yang terdiri dari 4-5 orang siswa dan membagikan LKS yang berisi tugas pada tiap kelompok (Sintaks 3)
2 Difasilitasi oleh guru, siswa menyimak cuplikan film narkoba dan tugas siswa yang ada dalam LKS (Sintaks 2)
3 Sebelum siswa berdiskusi dengan kelompoknya, siswa diminta mengerjakan tugas mandiri yaitu menyimak cuplikan film narkoba dan mengidentifikasi masalah dalam film yang ditemukan pada LKS-01
Guru memfasilitasi para siswa agar para siswa dapat mengerjakan tugasnya dengan baik dengan cara memperhatikan siswa dan mengecek apakah siswa menjadi penyimak yang baik. (Sintaks 4)
4 Guru memfasilitasi setiap kelompok untuk melakukan diskusi kelompok, untuk menentukan kritik dan saran yang disertai data penunjang dan melakukan penilaian kinerja menggunakan LP-1 (Sintaks 4)
5 Guru memberikan arahan agar anggota kelompok dapat berdiskusi secara santun, menghargai setiap perbedaan pendapat, dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas secara teliti (Sintaks 4)
6 Dengan pemantauan guru, siswa secara kelompok bekerjasama untuk memberikan kritik dan saran dengan data penunjang sebagai hasil diskusi. (Sintaks 4)
7 Guru memberi arahan agar siswa secara kelompok berfikir secara kreatif, kritis dan logis untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok (Sintaks 4)
8 Guru memoderatori diskusi kelas: ada kelompok menyampaikan pendapat; sementara kelompok lain menanggapi, memberi pendapat, kritik dengan bahasa yang santun dan menjadi pendengar yang baik untuk memperoleh kesimpulan (Sintaks 4)
9 Guru mengevaluasi hasil diskusi siswa dan memberi penguatan hasil diskusi. Kerja keras, tanggung jawab, kebebasan, kerja sama, kejujuran, menyampaikan pendapat dan menanggapi pendapat orang lain. (Sintaks 5)
11 Guru memberi penghargaan dengan cara memberi nilai yang tertinggi kepada kelompok diskusi yang kinerjanya baik (Sintaks 6)
c Penutup (10 menit)
1 Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan ringkasan informasi sebagai hasil kegiatan menyimak (Sintaks 4)
2 Guru memberi waktu kepada siswa untuk bertanya. NK Mandiri (Sintaks6)
3 Guru meminta siswa untuk mempelajari cara meringkas wacana sebagai bahan pembelajaran pada pertemuan berikutnya. NK : tanggung jawab dan mandiri. (Sintaks 5)
Tugas :
1. Tugas Terstruktur : Melaksanakan proses
Menyimak dan Menulis
Saran atau kritik atas
permasalahan yang ada
(LKS1)
2. Tugas Tidak Terstruktur : Latihan memberi saran
yang disertai data penunjang
(Tugas siswa untuk dikerjakan di Rumah)
Pertemuan 2 (2 x 45 menit) Menulis Kritik dan Saran
No Aktivitas Pembelajaran Penilaian
1 2 3 4
A Pendahuluan (10 menit)
1 Motivasi dan Apersepsi:
Guru mengingatkan pembalajaran yang lalu (Sintaks 1)
2 Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran: kognitif (produk, proses); psikomotorik; dan afektif (keterampilan sosial dan perilaku berkarakter). (Sintaks 2)
B Kegiatan Inti (70 menit)
1 Guru mempersiapkan rekaman fidio demonstrasi mahasiswa sebagai bahan kegiatan menyimak siswa. (Sintaks 1)
2 Siswa menyimak rekaman fidio demonstrasi mahasiswa sebagai tugas mandiri. (Sintaks 5)
3 Siswa melakukan tugas sesuai petunjuk LKS dimulai dari kegiatan menyimak, mengidentifikasi masalah, mencari data-data penunjang untuk memberikan kritik dan saran atas permasalahan yang ada sebagai tugas mandiri. Sesuai urutan kerja (2) dan (3). Guru membimbing dan mengarahkan siswa yang mengalamai kesulitan. (Sintaks 4)
4 Guru memfasilitasi setiap siswa untuk mengerjakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan teliti agar dapat menuliskan kritik dan saran dengan tepat. Guru melakukan penilaian kinerja menggunakan LP-2 (Sintaks4)
5 Satu siswa diminta untuk mempresentasikan hasil kerjanya dan siswa lain di beri kesempatan untuk menanggapi dan memberi umpan balik. (Sintaks5)
6 Guru mengevaluasi hasil kerja siswa dan memberi penguatan terhadap kesimpulan yang telah dilakukan. (Sintaks 5)
7 Guru mengevaluasi hasil kerja siswa dan memberi penguatan terhadap jawaban siswa. (Sintaks 5)
8 Guru memberi penghargaan dengan cara memberi nilai yang tertinggi, kepada siswa yang berhasil menjawab pertanyaan bacaan dengan tepat. (Sintak6)
c Penutup (5 menit)
1 Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan hasil kegiatan hari ini (Sintaks 4)
2 Guru memberi waktu kepada siswa untuk bertanya. NK Mandiri (Sintaks4)
3 Guru meminta siswa berlatih memberikan kritik dan saran, untuk tugas siswa di rumah NK : tanggung jawab dan mandiri (Sintaks 5)
Tugas :
3. Tugas Terstruktur : Melaksanakan proses
Kegiatan (LKS-2 dan 3)
4. Tugas Tidak Terstruktur : Latihan memberi kritik dan
saran
( Tugas siswa untuk diker-
jakan di Rumah)
H. Penilaian
Teknik : Penilaian Produk (LP-01, LP-03)
Penilaian Kinerja (LP-01, LP-03)
Penilaian Afektif (LP-01, LP-03)
Penilaian / Evaluasi
1. Jenis Penilaian : Tes lisan dan tertulis
2. Jenis Instrumen : Subjektif tes
3. Contoh Instrumen :
a. Simak rekaman CD berita berikut!
b. Catat pokok-pokok informasi rekaman CD yang Anda simak!
c. Tuliskan ringkasan informasi yang Anda simak!
d. Diskusikan ringkasan informasi dengan kelompok Anda!
e. Presentasikan hasil tugas kelompok Anda!
4. Rambu-rambu jawaban:
5. Pedoman Penilaian (Rubrik / Pedoman Penskroran)
A. Afektif
Bubuhkan tanda (Ö) pada aspek yang dinilai !
No Nama Aspek yang dinilai Jumlah
Skor
Keaktifan Dlm Diskusi Menghargai
Pendapat Kehadiran
1 2 3 1 2 3 1 2 3
Kriteria Peniaian :
1. tinggi 2. sedang 3. rendah
Bobot Nilai
Konversi Nilai
Rentang Bobot Nilai Afektif
< 60
61 – 75
76 - 100 C
B
A
B. Kognitif
Soal
NO ASPEK YANG DINILAI DESKRIPTOR SKOR
1 Ketepatan mengidentifikasi permasalahan 4: Jika identifikasi amat tepat
3: Jika identifikasi tepat
2: Jika identifikasi kurang tepat.
1: Jika identifikasi salah …………..
2
Ketepatan menuliskan kritik disertai data penunjang 4: Jika penulisan kritik tepat dan
data penunjang juga tepat
3: Jika penulisan kritik tepat dan
data penunjang kurang tepat
2: Jika penulisan kritik tepat dan
data penunjang tidak ada
1: Jika penulisan kritik salah dan
data penunjang juga salah ………….
3 Ketepatan menuliskan saran disertai data penunjang 4: Jika penulisan kritik tepat dan
data penunjang juga tepat
3: Jika penulisan kritik tepat dan
data penunjang kurang tepat
2: Jika penulisan kritik tepat dan
data penunjang tidak ada
1: Jika penulisan kritik salah dan
data penunjang juga salah …………..
4 Ketepatan menuliskan kritik dan saran disertai data penunjang dengan menggunakan bahasa baku 4: Jika penulisan mempergunakan
bahasa baku dan tanda baca yang
tepat
3: Jika penulisan mempergunakan
bahasa baku dan tanda baca
kurang tepat
2: Jika penulisan mempergunakan
bahasa baku dan tidak ada tanda
baca
1: Jika penulisan mempergunakan
bahasa tidak baku dan tidak ada
tanda baca ……….
Bobot Nilai
No Nama Jawaban Jumlah
Skor
1 2 3 4 5 6 7 8 9
Nilai Siswa =
C. Penilaian Pembelajaran Kooperatif
No. Nama Kel. Koo peratif Skor Dasar Nilai
Kuis Nilai
Kooperatif Nilai Rata Kel Predikat Kel.
......
......
......
......
......
...............
...............
...............
...............
...............
..........
..........
..........
..........
..........
.........
.........
.........
.........
.........
...............
...............
...............
...............
...............
.
Mengetahui Surabaya, 2 Januari 2011
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Hj. Sri Widiati,S.Pd, M.M Dra. I. Mufidah, M.Pd
Nip. 19621109 198512 2 005 Nip. 19650927 199202 2 003
Nama/No Presensi : ……………………………. Tanggal : ………………..Kelas :………
Lembar Penilaian : Menulis Kritik dan Saran (LKS-01)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 16 Surabaya
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester : XII / 6
Petunjuk A :
1. Simak rekaman berita dengan baik!
2. Identifikasi permasalahan dalam rekaman yang Anda Simak!
3. Tuliskan kritik dan saran rekaman yang Anda simak!
4. Diskusikan hasil kerja Anda dengan kelompok Anda!
5. Presentasikan hasil kerja kelompok Anda!
6. Tanggapilah presentasi kelompok teman Anda!
Nama/No Presensi : ……………………………. Tanggal : ………………..Kelas :………
Lembar Penilaian : Menulis Pokok-Pokok Informasi (LKS-02)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 16 Surabaya
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/Semester : XII / 6
Petunjuk :
1. Simak rekaman fidio dengan baik!
2. Identifikasi permasalahan yang Anda Simak!
3. Tuliskan kritik dan saran permasalahan yang Anda simak dengan menggunakan data penunjang dan bahasa baku!
ULANGAN HARIAN
1 . Agar pernyataan di atas tidak berhenti sebagai verbal, lima peristiwa selama perbukuan selama tiga bulan terakhir, akan disampaikan sebagai pertimbangan. Pertama, haruslah dilakukan perunutan proses terjadinya praktek yang berbau KKN dalam proyek-proyek buku yang selama ini didanai utang Bank Dunia. Perunutan itu menunjukkan secara tegas stasiun dan anak tangga setiap proses penilaian. Ambil contoh buku pokok bahasa inggris SLTP yang ditarik dari peredaran. Mestilah ditelusuri mu lai dari order yang diperoleh dari para penulisnya dan proses penilaian berikut percetakan, penerbitan, dan pendistribusiann ya, sampai kesalahan-kesalahan fatal yang tetep dibiarkan. Tanpa ada penindakan hukum sebagai langkah berikutnya, temuan-temuan itu sia-sia.
Kedua, meskipun pembebasan PPN 10 persen mustahil menurunkan harga buku hingga 50 persen, secarapsikologis realisasinya menunjukkan keseriusan pemerintah menempatkan buku tidak sekedar sebagai komoditas dagang. Itulah komitmen minimal keseriusan pemerintah mencerdaskan bangsa, dengan harapan semakin banyak warga bangsa bisa memperoleh informasi dan pengetahuan lewat buku yang dimiliki.
Ketiga, mengembalkan visi Ikapi seperti saat didirikan, secara riil berkaitan dengan soal menyeleksi bahan yang masuk dan pilihan topic atau judul yang diterbitkan. Di saat reformasi mulai ditafsirkan “serba boleh”, menerbitkan buku-buku tetaplah dengan memepertimbangkan dampak psikologis-sosiologis budaya pembaca Indonesia. Menerbitkan buku-buku kurang mengindahkan tata kesantunan dan kepantasan dalam soal seks misalnya, perlu dimasukkan sebagai pertimbangan bahwa buku itu dilihat, dipegang, dan dibaca semua umur, apalagi ditempatkan dalam rak-rak toko dengan counter buku baru.
Tajuk Rencana Kompas Oktober 1998.
Gagasan pokok dalam penggalan tajuk rencana di atas adalah ….
a. Lima peristiwa dalam sepekan yang berkaitan dengan penerbitan pembukuan.
b. Perlunya dihindarkan praktek KKN dalam perbukuan.
c. Penurunan PPN 10 persen tidak mungkin menurunkan harga 50 persen.
d. IKAPI harus bertindak tegas terhadap penyimpangan dalam praktik perbukuan.
e. Penerbitan buku hendaknya tetap memperhatikan kesantunan dalam menyampaikan gagasan.
2 . Kalimat yang digunakan di dalam makalah diskusi adalah …
a. Penjelasan ini disampaikan berdasarkan fakta yang tidak diragukan lagi kebenarannya.
b. Kami berharap seoga saran yang kami sampaikan bermanfaat untuk pemakalah.
c. Kita harus memaklumi bahwa masalah yang sedang dibahas adalah masalah bersama, hendaknya jangan menyimpang.
d. Silahkan anda baca sumber lain yang berkaitan dengan masalah ini.
e. Kesimpulan yang anda kemukakan sudah bagus, namun akan lebih bagus bia dilengkapi dengan fakta.
3 . Fakta yang dapat dimasukkan kedalam kalimat laporan adalah ….
a. Menurut perkiraan para ahli ada sekitar 1500 jenis ular.
b. Binatang melata pada umumnya dapat berfungsi ikut menyeimbangkan alam
c. Pembahasan rinci mengenai masalah tersebut akan dilanjutkan pada pertemuan yangakan datang.
d. Benarkah binatang buas perlu dibantai?
e. Mudah-mudahan para peserta dapat memahami
4 . Saran-saran dari peserta rapat dalam rapat kelas adalah sebagai berikut :
(1) Marni : Kelas 3 IPA-1 harus memiliki kasa karena uang kas sangat diperlukan untuk kita dan kelas kita. (2) Somat : Memperkuat saran Marni dan menyarankan besar iuran per minggu Rp 1.000,00 (3) Linda : Menyetujui saran teman-teman dan menyarankan kegunaan uang kas tersebut antara lain untuk keperluan kelas, alat tulis; alat kebersihan kelas, dan keindahan kelas, untuk keperluan sosial : bantuan siswa yang dirawat, kena musibah, dan kegiatan sosial yang dianggap penting. (4) Nurdin : Menyetujui saran teman-teman dan mengusulkan waktu mulai iuran terhitung dari minggu pertama/awal semester satu ini.
Kalimat yang berupa keputusan rapat berdasarkan saran-saran tersebut adalah ...
a. Untuk kas diperoleh dari iuran siswa dan jumlahnya harus berdasarkan kesepakatan dengan siswa terlebih dahulu.
b. Kelas 3 IPA harus mempunyai kas dari iuran siswa sejumlah Rp 1.000,00 persiswa per minggu yang akan digunakan untuk keperluan kelas dan sosial.
c. Penyetujuan jumlah iuran, kegunaan iuran, darimana sumber iuran harus ditetapkan oleh warga kelas.
d. Iuran adalah milik kelas dan boleh digunakan untuk kepentingan kelas itu sendiri dan sosial.
e. Uang Rp 1000,00 adalah iuran rutin yang harus dibayar semua siswa dengan penuh tanggung jawab.
5 . Sekolah kami akan mengadakan peringatan Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei besok.
Acara digelar di lapangan sekolah. Untuk memeriahkan acara, OSIS mengadakan pameran berbagai karya siswa, seperti poster, kumpulan puisi, cerpen, majalah dinding, lukisan, prakarya, dan masih banyak lagi hasil karya yang lain. Sebelum acara resmi dibuka, Ketua OSIS memberikan sambutan.
Kalimat pembuka sambutan yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah ... .
a. Teman-teman saya, Bapak dan Ibu guru yang berbahagia, marilah kita sambut acara peringatan ini dengan rasa gembira, inilah karya teman-teman kita, yang mana karya ini sangat bernilai sebab merekalah yang membuatnya.
b. Tak lupa kami mengucapkan selamat berkumpul di lapangan ini sambil menikmati karya teman-teman kita semua, tetapi terlebih dahulu kita haruslah bersyukur kepada Tuhan karena telah berkumpul di sini dengan izin-Nya.
c. Tidak ada yang pantas saya ucapkan selain puji syukur kepada Tuhan yang telah mengizinkan kita berkumpul di sini guna untuk memperingati, acara bersejarah ini.
d. Terlebih dahulu izinkanlah saya berdiri di sini untuk memberikan sambutan untuk membuka acara pameran kita dalam memeriahkan acara Pendidikan Nasional yang berbeda dengan acara sebelumnya.
e. Bapak-bapak, Ibu-ibu, teman-teman yang berbahagia, puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan karena karunia-Nya kita dapat berkumpul di sini untuk merayakan hari bersejarah, yaitu Hari Pendidikan Nasional.
6 . Penggunaan imbuhan serapan yang tepat terdapat pada kalimat ... .
a. Obat-obatan alamiah mulai digemari masyarakat
b. Albert Einstein fisikawan yang diakui dunia.
c. Kebaktian itu dipimpin oleh rohaniawan terkenal.
d. Di Indonesia belum banyak biologiawan yang sukses.
e. Selain sejarahwan, Nugroho Notosusanto adalah sastrawan.
7 . Kalimat yang tidak menggunakan partikel asing secara benar adalah ... .
a. Orang tua itu ternyata tuna rungu.
b. Kamu jangan mempunyai praduga jelek kepadaku.
c. Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah sangat bervariasi.
d. Program transmigrasi saat ini kurang mendapatkan perhatian.
e. Aku sudah nonaktif dalam kegiatan OSIS di sekolah.
8 . Pengimbuhan me-kan yang tepat terdapat dalam kalimat ... .
a. Televisi swasta acapkali mentayangkan sinetron picisan.
b. Aparat pemerintah hams mensukseskan pemilu tahun 2004,
c. Pemerintah segera mensosialisasikan kurikulum KBK kepada masyarakat.
d. Mereka mengkaitkan krisis ekonomi dengan daya beli masyarakat.
e. Dengan mudah ia dapat menafsirkan harga barang yang dilelang.
9 . Banyak angkutan umum tidak mengambil penumpang di perhentian bus.
Makna imbuhan ke-an yang semakna dengan per-an diatas adalah ... .
a. Kerajaan Sriwijaya ada di sumatera selatan.
b. Rumahnya dicat dengan warna kebiru-biruan.
c. Walaupun masih gadis, ia sangat keibuan.
d. Kemandirian anak itu sudah tampak sejak kecil.
e. Dewasa ini kejahatan di kota besar semakin meningkat.
10. Melihat lukisan itu ia terpesona.
Makna imbuhan ter- pada kalimat di atas sama dengan kalimat ... .
a. Karangan yang terbaik yang mendapat hadiah.
b. Peti seberat itu terangkat juga olehku.
c. Bukunya terbawa oleh anak itu.
d. Dia mati terbunuh tadi malam.
e. Gadis itu tersenyum manis saat kusalami.
11. Pak Mandra membangun rumah bertingkat.
Kalimat yang menggunakan frase atribut berimbuhan seperti di atas terdapat pada kalimat
a. Anak itu malas pergi ke sekolah.
b. Hari ini saya belajar bahasa Indonesia
c. Indonesia memiliki banyak pahlawan.
d. Anak itu pengunjung setia taman bacaan.
e. Kemarin ia dijemput ayahnya pukul 15.30.
12. Demikian bunyi titah yang mahamulia: “bahwa beta minta perbuatkan hikayat pada bendahara peri peristiwa dan peraturan segala raja-raja Melayu dengan adat istiadatnya sekali, supaya diketahui oleh segala anak cucu kita yang kemudian daripada kita, diingatkan syahdan beroleh manfaat dari padanya. “Setelah Fahir, Alladzi murakkabun ala juhlin, mendengar demikian maka Fahir terkejutlah diri Fahir, dan minta taufuik kehadirat Tuhan Samiul Alam.(Sastra Melayu)
Isi cerita Melayu klasik tersebut adalah …
a. raja memerintahkan kepada rakyatnya untuk membuat sejarah Melayu agar diketahui anak cucunya.
b. Fahir minta kepada raja untuk dapat mengingatkan anak cucu dengan membuat sejarah Melayu.
c. Raja minta dibuatkan hikayat tentang peraturan dan adapt istiadat raja Melayu agar dikemudian hari diketahui oleh anak cucunya.
d. Anak cucu kita harus memperoleh manfaat dari perbuatan yang dilakukan para raja Melayu dan tabu adapt kerajaan.
e. Raja memerintahkan kepada Fahir agar anak cucunya meminta taufik ke hadirat Tuhan Samiul Alam.
13. Nilai moral yang terkandung dalam kutipan hikayat tersebut adalah … .
a. Raja mewariskan hal-hal yang baik untuk anak cucunya.
b. Anak-cucu meminta taufik ke hadirat Tuhan.
c. Adat istiadat harus diketahui oleh anak-cucu
d. Anak-cucu harus taat pada peraturan rajanya.
e. Raja mempertahankan adapt istiadat yang berlaku.
Warung internet (warnet) di Tokyo sudah menjadi alternatif tempat tinggal baru. Dengan …harga sewa yang jauh lebih murah daripada hotel, sejumlah warnet dilengkapi dengan kursi nyaman yang bisa direbahkan sandarannya untuk tidur. Selain itu, tersedia pula microwave dan shower. Selain mirip tempat tinggal, warnet tersebut juga…ratusan buku komik.
14. Kata berimbuhan yang tepat untuk mengisi bagian rumpang dalam paragraf tersebut adalah…
a. tawaran, penyajian
b. ditawarkan, disajikan
c. penawaran, tersaji
d. menawarkan, menyajikan
e. menawarkan, sajikan
15. Perceraian pasangan artis itu sudah sampai di pengadilan.
Makna imbuhan per-an pada kata perceraian sama maknanya dengan kata berimbuhan per-an pada kalimat ...
a. Perkemahan Mandala Wangi terdapat di Cibodas, Jawa Barat.
b. Anak-anak yang terlibat perkelahian itu akhirnya dikeluarkan dari sekolah.
c. Perbaikan jembatan di Pantura sedang dalam penyelesaian akhir.
d. Karena perubahan jadwal penerbangan, kami terlambat sampai di tempat tujuan.
e. Setiap atlet harus mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan oleh panitia.
16. Ancaman baru di ibukota belum mereda. Kewaspadaan dan kepedulian masyarakat dalam hal ini sangat diharapkan. Masyarakat tentunya tidak mau aktivitas kesehariannya terganggu oleh teror yang ditebar oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu terorisme harus dilawan dengan keberanian dan kebersamaan.
Frase koordinatif dalam paragraf di atas adalah ....
a. di ibukota c. harus dilawan d. bertanggung jawab
b. keberanian dan kebersamaan e. belum mereda
17. Rasa kesatuan dalam bertanah air, berbangsa dan berbahasa membangkitkan semangat mereka untuk berjuang.
Kalimat berikut yang menggunakan kata berimbuhan men-kan yang makna
Pengimbuhannya sama dengan yang terdapat pada membangkitkan di atas adalah ........
a. Tim perumus sedang hasil loka karya itu
b. Tugas kita adalah mempertahankan kemerdekaan
c. Tukang lampu itu meninggikan tangga
d. Memperbudakkan pramuwisma tidak sesuai dengan HAM
e. Terdakwa menceritakan urutan peristiwa kepada hokum
18. Dari hasil berbagai studi tentang transmigrasi dapat diketahui bahwa transmigrasi swakarsa murni lebih berhasil. Hal ini terjadi karena para transmigran swakarsa murni mempunyai tekad dan kemauan untuk memperbaiki hidupnya. Mereka dapat melihat dan memanfaatkan kesempatan-kesempatan dan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah.
Pikiran utama paragraf di atas adalah ...........
a. Tekad transmigrasi swakarsa murni.
b. Pemanfaatan fasilitas oleh transmigran.
c. Kemauan transmigrasi swakarsa murni.
d. Keberhasilan transmigrasi swakarsa murni
e. Pemberian kesempatan kepada transmigran.
19. Penggunaan imbuhan -wan yang salah terdapat dalam kalimat ......
a. Bakri seorang usahawan Indonesia yang berhasil.
b. Menteri luar negeri diwawancarai oleh para wartawan.
c. Para rokhaniawan tidak jemu-jemu memberi ceramah.
d. Para ilmiawan sedang menyelidiki ganggang laut.
e. Sebaiknya cendekiawan diberi tunjangan yang memadai
20. Sumber energi tersebut berasal däri perut bumi dan terbentuk dari alam, yaitu gugusan gunung berapi dengan curah hujan yang cukup yang membentuk kandungan uap yang disebut geothermal/pa nas bumi.
Inti kpada kalimat di atas adalah ......
a. sumber energi berasal dari perut bumi d. gugusan gunung berapi homogeny
b. dengan curah hujan yang cukup e. yang membentuk kandungan uap
c. yang disebut geothermal/panas bumi
21. Dalam perjalanan menuju lokasi Festival Seni di Jepang, saya melihat tulisan besar. Tulisan ini terus terang menggelitik imajinatif dan pikiran saya. Saya bertanya pada teman apa arti “Osama”. Ternyata berarti raja. Jepang memang mempunyai beberapa obyek wisata menarik.
Perbaikan kata-kata tidak baku dalam paragraf tersebut adalah…….
a. festival, imaji, obyek. c. festival, imajinasi, objek. d. festifal, imajinasi,objek.
b. festival, imajinasi, obyek e. festival, imaji, objek.
22. Pada dasarnya ada dua jenis keritik sastra, yakni kritik sastra intrinsik dan kritik sastra extrinsik Kritiksastra intrinsik menganalis karya berdasarkan bentuk dan gayanya secara komplek
Penulisan kata serapan dalam kutian di atas tidak sesuai dangan EYD
Perbaikan penulisan kata serapan yang sesuai EYD adalah … .
a. kritik, ektrinsik,komplek c. kritiks,ekstrinsik, kompleks d. kritis, ekstrinsik,komplek
b. Kritik, ekstrinsik,kompleks e. Kritis, ekstrinsik,komplek
23. Pertanian yang dilakukan secara konvensional sudah ketinggalan zaman. Cara bertani konvensional ini dipandang tidak mampu meningkatkan produksi dan kualitas pangan jika dilihat dari tingkat kebutuhan pangan. Untuk mengatasi masalah ini sekarang sedang dikembangkan bioteknologi yang diharapkan mampu melipat gandakan produksi pangan sekaligus meningkatkan kualitasnya.
Gagasan utama dalam paragraf di atas dikembangkan secara ... .
a. Deduktif b. induktif c. Analogi d. Generalisasi e. deskriptif
24. Premis umum : ........
Premis khusus : Rikardo Sambera atlet olimpiade
Kesimpulan : Rikardo Sambera wajib mengikuti tes doping
Premis umum untuk melengkapi penalaran di atas adalah ........
a. Setiap atlet olimpiade yang meragukan harus tes doping.
b. Setiap atlet olimpiade wajib mengikuti tes doping.
c. Seorang atlet olimpiade wajib mengikuti tes doping
d. Setiap atlet olimpiade biasanya harus mengikuti tes doping.
e. Seorang atlet olimpiade seperti Rikardo Sambera harus lolos tes doping.
25. Premis Umum : Setiap warga negara Indonesia harus berusaha menghemat penggunaan energi
Premis Khusus : Mangunsudono warga negara Indonesia
Kesimpulan yang paling tepat berdasarkan premis di atas adalah ... .
a. Mangunsudono sebagai warga negara Indonesia harus berusaha menghemat penggunaan energi.
b. Setiap warga negara Indonesia seperti Mangunsudono harus berusaha menghemat penggunaan energi.
c. Mangunsudono, warga negara Indonesia, harus berusaha menghemat energi seperti warga yang lain.
d. Mangunsudono harus berusaha menghemat penggunaan energi.
e. Warga negara Indonesia harus berusaha menghemat penggunaan energi.
26. Koperasi mempunyai prinsip dasar menyejahterakan anggotanya sebagai kekuatan penyeimbang dalam ….ekonomi. Koperasi perlu dikembangkan dengan membentuk jaringan kejasama antar koperasi dari berbagai dunia. Tidak adanya koperasi, usah kecil menengah sulit bersaing dengan perusahaan-perusahaan multi nasional, yang dikelola dengan mengedepankan prinsip…, efisiensi, dan ….
Kata serapan yang tepat menlengkapi paragraf tersebut adalah… .
a. sistem, efektivitas dan produktivitas c. sistem, efektivitas dan produktifitas
b. sistem, efektifitas dan produktifitas d. sistim, efektifitas dan produktifitas e. sistim, efektivitas
27. Rasa kesatuan dalam bertanah air, berbangsa dan berbahasa membangkitkan semangat mereka untuk berjuang.
Kalimat berikut yang menggunakan kata berimbuhan me(N)-kan yang makna
Pengimbuhannya sama dengan yang terdapat pada membangkitkan di atas adalah .......
a. Tim perumus sedang hasil loka karya itu
b. Tugas kita adalah mempertahankan kemerdekaan
c. Tukang lampu itu meninggikan tangga
d. Memperbudakkan pramuwisma tidak sesuai dengan HAM
e. Terdakwa menceritakan urutan peristiwa kepada hukum
28. Makna imbuhan meN-kan pada kalimat "AAyah membelikan saya sepatu baru. " sama dengan makna imbuhan meN-kan yang terdapat pada kalimat ........
a. Dia mengambilkan ayah kaca mata.
b. Tono memasukkan sepeda motornya ke garasi.
c. Saya menyerahkan surat-surat kepada kepala sekolah.
d. Nita meletakkan tasnya di meja.
e. Dia menjahitkan baju kepada Bu Rini.
29. Kalimat yang memakai imbuhan serapan secara tepat adalah ........
a. Ilmiawan itu telah menemukan vaksin pencegah folio.
b. Dalam hal prinsipil, kita harus tegas dan jujur.
c. Sejarahwan harus jujur dalam melihat peristiwa bangsa.
d. Kita harus memiliki pemikiran konseptuil yang baru.
e. Pada awal abad ke-14, islamisasi di kepulauan nusantara sudah dimulai.
30. Kata berimbuhan me-i yang bermakna kausatif terdapat dalam kalimat berikut, yaitu
a. Sebelum orang mengenal alat kosmetik, perempuan-perempuan memerahi bibirnya dengan sirih.
b. Anak-anak memukuli meja kalau guru tidak ada
c. Petani menanami sawahnya dengan berbagai tanaman palawija
d. Ibu memetiki bunga-bunga yang sedang bermekaran di halaman
e. Adik mengumpuli buku-bukunya yang sudah mulai lusuh.
31. Pengimbuhan me-kan yang tepat terdapat dalam kalimat....
a. Televisi swasta acapkali mentayangkan sinetron picisan.
b. Aparat pemerintah harus mengsukseskan pemilu tahun 2004.
c. Pemerintah segera mensosialisasikan kurikulum KBK kepada masyarakat.
d. Mereka mengkaitkan krisis ekonomi dengan daya beli masyarakat.
e. Dengan mudah ia dapat menafsirkan harga barang yang dilelang.
32. Banyak angkutan umum tidak mengambil penumpang di perhentian bus.
Makna imbuhan ke-an yang semakna dengan per--an di atas adalah ....
a. Kerajaan Sriwijaya ada di Swnatera Selatan.
b. Rumahnya dicat dengan warna kebiru-biruan.
c. Walaupun masih gadis, ia sangat keibuan.
d. Kemandirian anak itu sudah tampak sejak kecil.
e. Dewasa ini kejahatan di kota besar semakin meningkat.
33. Sejak lahirnya konsep pemikiran baru dalm ilmu kedoktera, yang dicetuskan oleh Profesir Linus Paulin, yakni tentang Ortomolecular medicine yang dasarnay adalah studi biologi molekuler sebagai sains dasar, peneliatian medis diarahkan pada molekuk-molekul yang secara normal biologis fisiologis ada dalam tubuh manusia.
Inti kalimat panjang tersebut adalah…
a. Konsep pemikiran baru dicetuskan oleh Profesor Linus Pauling.
b. Ortomolecular medicine adalah sains dasar.
c. Ortomolecular medicine dasarnya adalah studi biologi.
d. Penelitian medis diarahkan pada molekul.
e. Biologi molekuler merupakan sains dasar.
34. Dalam perkembangannya, perbedaan paham yang sudah mengakar pada diri setiap insan tumbuh menjadi konflik sehingga menodai pertemuan yang sudah dibangun bertahun-tahun.
Kalimat inti dari kalimat kata luas tersebut adalah…
a. Paham menjadi konflik
b. Paham sudah mengakar
c. Perbedaan tumbuh
d. Perbedaan menodai pertemuan
e. Perbedaan sudah mengakar
35. Kelima pemburu kemudian berjalan kaki sembari membawa anjing dan masuk kedalam hutan untuk memasang jarring nilon transparan di tengah hutan.
Kalimat tersebut merupakan perluasan dari kalimat inti …
a. Kelima pemburu memasang jarring nilon transparan ditengah hutan.
b. Kelima pemburu berjalan kaki dan masuk kedalam hutan.
c. Kelima pemburu membawa anjing dan masuk kedalam hutan.
d. Kelima pemburu berjalan kaki sembari membawa anjing
e. Kelima pemburu berjalan kaki.
36. Mahasiswi yang cantik dan berambut pirang itu, membaca buku baru karangan pengarang ternama..
Kalimat intinya adalah ...
a. Mahasiswi yang cantik sedang membaca
b. Mahasiswi sedang membaca
c. Mahasiswi yang cantik sedang membaca buku
d. Mahasiswi membaca buku yang baru
e. Mahasiswi membaca buku
37. Kedatangan tamu disambut dengan upacara adat.
Fungsi imbuhan ke-an pada kalimat di atas sama dengan fungsi -nya pada kalimat.
a. Dia mengecat rumahnva dengan cat putih.
b. Hasil kebunnva cukup untuk biaya hidup keluarga.
c. Buku itu berjudul Lahirnva Pancasila.
d. Sakitnya tidak tertahankan olehku.
e. Obat itu bukan main nnrhalnva.
38. Gedung bertingkat yang akan segera direnovasi itu masih digunakan kuliah bersama mahasiswa antarjurusan di fakultas ini.
Inti kalimat tersebut adalah ... .
a. gedung itu akan direnovasi.
b. gedung digunakan
c. gedung itu digunakan kuliah bersama.
d. gedung itu digunakan kuliah bersama antar jurusan.
e. gedung itu akan digunakan kuliah bersama.
39. Ibu membacakan adik dongeng.
Fungsi imbuhan me-kan pada kata mernbacakan sama dengan imbuhan me-kan pada kata dalam kalimat
a. Pak Haji menjahitkan kain sarungnya yang baru.
b. Ayah membelikan adik sepeda.
c. Pemuda-pemuda mengucapkan sumpahnya dalam upacara tadi pagi.
d. Pelayan menyediakan makan pagi.
e. Peristiwa itu sangat menyedihkan.
40. Pola kalimat inti yang sama dengan Pemandangan di desa itu sangat indah adalah .. .
a. Para mahasiswa harus belajar tekun.
b. Baju seragam kerja ayah sangat bagus.
c. Indahnya pemandangan di Puncak Pas.
d. Keberaniannya tidak diragukan lagi.
e. Kegigihan para mahasiswa pada masa reformasi membuahkan hasil
0 comments:
Posting Komentar